Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolri Angkat Komjen Agus Andrianto Sebagai Wakapolri

Monday, June 26, 2023 | 26 June WIB Last Updated 2023-06-26T07:23:58Z



JAKARTA - INFO PUBLIK NEWS. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menunjuk  Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto  sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono yang memasuki masa pensiun.
 

Penunjukan Komjen Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor: ST/1339/ VI /KEP./ 2023 yang diterima awak media pada hari ini.  Surat telegram itu ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada tanggal 24 Juni 2023.



Pria Bintang Tiga ini merupakan lulusan Akabri / Akpol tahun 1989 kelahiran  Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967. 

 

 


Komjen Agus sendiri mengawali karirnya di Polres Dairi, Sumatera Utara dan sempat diberi jabatan baru sebagai Kapolsek Sumbul pada 1992.

Satu tahun kemudian, Komjen Agus digeser menjadi Kapolsek Parapat pada tahun 1993. Setelah itu, dia menjabat Kapolsek Percut Seituan selang dua tahun kemudian.

Selama menjadi perwira menengah, Komjen Agus juga sempat menduduki sejumlah jabatan strategis. 

Kemudian, pada tahun 2007, Komjen Agus ditugaskan menjadi Kapolres Tangerang.

Lalu  dirotasi menjadi Kapolres Metro Tangerang. 

Komjen Agus kemudian  kembali lagi ke Sumatera Utara untuk mengisi jabatan Dirkrimum Polda Sumut.

Kemudian, kembali ke Mabes Polri  diangkat sebagai Dirtipidum Bareksrim Polri. Saat mengemban jabatan tersebut, Komjen Agus sempat menangani sejumlah kasus penting yang menyita perhatian publik, seperti di antaranya penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kasus itu kemudian selesai dilimpahkan ke pengadilan dan Ahok kini telah dijatuhi hukuman penjara.

Selang setahun kemudian, Komjen Agus dimutasi menjadi Wakapolda Sumut. Lalu pada 2018, Komjen Agus dipromosikan menjadi Kapolda Sumut.

Setelah Kapolda Sumut, Komjen Agus lalu ditunjuk menjadi Kabaharkam Polri sejak tahun 2019 hingga 2021. 

Karir Komjen Agus terus melesat dengan  diangkat menjadi Kabareskrim Polri pada tahun 2021 hingga 2023 menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sampai saat ini menjadi Kapolri.
 

Terakhir , Komjen  Agus menjabat sebagai Wakapolri menggantikan Komjen Gatot Eddy Pramono yang tengah memasuki masa pensiun.


Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Jakarta menyampaikan bahwa Polri sendiri menerbitkan lima surat telegram yang diterbitkan pada tanggal 24 Juni 2023, secara keseluruhan terdapat 539 personel yang mutasi.

 Ramadhan merincikan kelima surat telegram (ST) tersebut, yakni ST/1392/VI/KEP./2023 terdapat 28 personel yang diputasi, ST/1393/VI/KEP./2023 sebanyak empat personel.

Selanjutnya ST/1394/VI/KEP./2023 ada 218 personel dimutasi. ST/1395/VI/KEP./2023 sebanyak 170 personel, dan ST/1396/VI/KEP./2023 sebanyak 119 personel.

Dari 539 personel yang dimutasi itu  sebanyak 272 orang dimutasi karena promosi, 104 personel untuk penyegaran, 41 personel penempatan Dikbangpimti tahun 2022, penugasan khusus sebanyak 30 personel, 83 personel memasuki masa pensiun, empat personel karena evaluasi jabatan, tiga personel karena sakit dan dua personel karena pengukuhan.
 

Pejabat utama Mabes yang dapat promosi, yakni 

- Komjen Pol. Agus Andrianto ditunjuk sebagai Wakapolri, 

- Komjen Pol. Wahyu Widada sebagai Kabareskrim Polri, 

- Komjen Pol. Suntana sebagai Kabaintelkam Polri 

- Irjen Pol. Verdianto Iskandara Bitticaca sebagai Asops Kapolri.

 
- Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi sebagai Kapolda Sumatera Utara, 

- Irjen Pol. Adang Ginanjar sbeagai Kapolda Sulawesi Barat 

- Brigjen Pol. Ida Bagus KD Putra Narendra sebagai Kapolda Bali.

Selanjutnya, enam personel diangkat sebagai Wakapolda, yakni : 

- Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko sebagai Wakapolda Sulawesi Tengah, 

- Brigjen Pol. Agus Salim sebagai Wakapolda Bengkulu, 

- Brigjen Pol. Samudi sebagai Wakapolda Maluku Utara, 

- Brigjen Pol. Asep Safrudin sebagai Wakapolda Kepulauan Riau, 

- Brigjen Pol. Roma Hutajulu sebagai Wakapolda Kalimantan Barat 

- Brigjen Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana sebagai Wakapolda Bali.

“Promosi personel dengan pangkat inspektur jenderal (irjen) sebanyak satu orang, brigjen pol sebanyak sembilan orang, kombes pol sebanyak 107 personel, AKBP sebanyak 55 personel dan jabatan kapolres sebanyak 87 personel,” tutup Ramadhan.






×
Berita Terbaru Update