-->

Satuan Binmas Polres HSU Gelar FGD di Tokoh Masyarakat Danau Panggang Terkait Bahaya Covid-19 dan Situasi Kamtibmas Terkini


Kegiatan FGD di Aula Polsek Danau Panggang bersama timnas dan toga.



AMUNTAI-IPN- Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dan Polsek jajaran terus berusaha mempercepat penanganan virus Covid-19 di wilayah hukum Polsek Danau Panggang.


Salah satu upaya tersebut yakni melaksanakan Forum Grup Diskusi (FGD) terkait Bahaya Covid-19 Senin (12/10/2020) hari ini.


Kegiatan ini digelar di Aula Polsek Danau Panggang ini dihadiri langsung Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo selaku pemateri kegiatan.


Hadir juga Kepala Upt Puskesmas Danau Panggang yang diwakili Staf Puskesmas Lia Restiawati. Amk juga selaku pemateri. Camat Danau Panggang H. Abdullah, Bhabinsa  mewakili Danramil Danau Panggang Serda Siregar.


Termasuk personil Sat Binmas Polres HSU dan Polsek Danau Panggang, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para  Kepala Desa setempat.


Camat Danau Panggang H. Abdullah sekaligus membuka FGD mengucapkan terima kasih kepada Kasat Binmas Polres HSU,  Kapolsek Danau, pihak Puskesmas dan seluruh peserta FGD terkhususnya kepada Polsek Danau Panggang yang berinisiatif dan memfasilitasi FGD ini.


"Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya dalam mencegah dan menangangi  penyebaran Covid-19. Lewat kegiatan in kita diskusikan, urun rembuk kita bahas dari semua peserta kalo ada saran masukan masalah penanganan covid-19 dan lainnya," kata Abdullah.


Kegiatan selanjutnya paparan dari Puskesmas Danau Panggang Lia Restiawati yang menjelaskan cara mewabahnya virus corona (covid-19) dan tata cara menghindarinya.


"Ada baiknya pandemi claCovid-19 ini kita harus sadar akan bahaya dari covid-19 yang bisa menyebar dan mematikan, karna virus tersebut tidak  terlihat, tidak berwarna dan tidak berbau,  untuk itu kita harus menerapkan pola hidup sehat, " ujar Li Restiawati.


Cara mengatasinya sambung Lia selalu memakai masker saat beraktifitas selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan dan mengkonsumsi makan bergizi serta secepatnya periksa kondisi kesehatan ke puskesmas dan Puskesdes manakala ada gejala deman, pusing serta gejala menurunnya  daya tahan tubuh, jangan lakukan kontak fisik dengan siapapun tutur Lia 


Sementara Kasat Binmas Polres HSU AKP Hartoyo dalam kesempatan FGD menyampaikan situasi kamtibmas terkini termasuk pandemi Covid-19 


"Apa yang sudah dipaparkan dari  Puskesmas Danau Panggang tadi sebaiknya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari tentunya selalu  memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Tinggalkan kerumunan," sampainya.


Sebab tekannya kadang warga tidak sadar serba ingin tahu manakala ada kerumunan tentunya tanpa kita sadari jarak kita dengan orang lain saat berkerumun) berpotensi penularan covid-19, untuk itu dengan istilah ( 3M dan 1 T ).


"Mari kita terapkan bersama sama demi kebaikan bersama," imbaunya 


Selain itu tidak kalah pentingnya dalam memperingati hari buruh beberapa hari yang lalu, apa yang sudah ditetapkan pemerintah terkait undang undang cipta kerja (Omnibus Law).


Seebaiknya kita tidak terhasut dan tidak ikut-ikutan demo, selain rawan terpapar covid-19 juga berpotensi terhasut dan menimbulkan gangguan kamtibmas diantaranya tanpa sadar dan tidak tahu persoalan terpancing ikut ikutan melakukan pengrusakan, penganiayaan dll, sebab sudah ada pihak yang mewakili dalam menyampaikan pandapat di Jakarta sana.


AKP Hartoyo juga memaparkan bahaya Narkoba dikalangan masyarakat yang masih ada oknum warga mengkomsumsi Narkoba, terbukti Sat Resnaroba Polres HSU dan Polsek  berhasil mengungkap kasus Narkoba mari kita perangi dan tangani bersama sama Bahayanya Narkoba. 


"Informasikan bila mana ada oknum warga yang memakai apa lagi mengedarkan Narkoba dan obat terlarang lainnya, kami jamin kerahasiahan pelapor," ungkapnya.


Hal lain terkait pelaksanaan Pilgub Kalsel, mari kita sama - sama sukseskan Proses Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalsel dengan bersama sama kita ciptakan sitkamitbmas yang aman, damai dan sehat.


Terpisah Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.I.K,.M.H melalui Kapolsek Danau Panggang Iptu Momo Jon Rodok mengutarakan kegiatan FGD ini  dilaksanakan sebagai upaya penekanan penyebaran dan penanganan Covid-19 dan diskusi permasalahan Kamtibmas di Kabupaten HSU khususnya di Kecamatan Danau Panggang, ujar Kapolsek


Untuk menumbuhkan kesadaran dan disiplin warga masyarakat di daerah hukum kami,  dengan maksud supaya para Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh pemuda serta para kepala desa bisa menyampaipan  hasil FGD ini ke warga nya


Kegiatan ini juga merupakan tindak  lanjut program Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta, S.I.K,.S.H,.M.H dan kebijakan pemerintah yakni Peraturan Bupati (Perbup) HSU  Nomor 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam cegah Covid-19.


"Semoga Kamtibmas di Kab. HSU semakin aman kondusif dan sehat apa lagi saat ini sudah masuk tahapan Pilgub Kalsel," harap Iptu Momo JR. (*)




Sumber: Humas Polres HSU dan Info Publik News
Penulis: Dhani
Editor: Del
Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment