Notification

×

Iklan

Iklan

Mantap !! Momen World Cleanup Day 2020 Bupati HSU 'Mulung Sampah' bareng KNPI di Dermaga Angkutan Sungai Danau Panggang

Sunday, September 20, 2020 | 20 September WIB Last Updated 2020-09-20T11:44:49Z




Ket foto: Bupati HSU H Abdul Wahid HK (kanan) saat menyerahkan alat aksi bersih dalam momen WCD 2020 di Dermaga Angkutan Sungai Danau Panggang pagi tadi.


AMUNTAI-IPN- Bupati H Abdul Wahid HK M.Si bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Komunitas Pencinta Lingkungan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) kompak melaksanakan Aksi Bersih- bersih di Dermaga Angkutan Sungai Kecamatan Danau Panggang Minggu (20/9/2020) hari ini 


Aksi ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) dengan memungut sampah yang berserakan di sekitar dermaga angkutan sungai menuju Kecamatan Danau Panggang dan sebagian wilayah di hulu Sungai Barito.


Bupati Hulu Sungai Utara yang juga didampingi Ketua TP PKK Bunda Hj Anisah Rasyidah Wahid, M.AP, Sekretaris Daerah H. Muhammad Taufik, S.Sos, MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj Raudatul Taufik beserta Jajaran.


Hadir juga GOW (Gabungan Organisasi Wanita) HSU serta Unsur Forkopimda Kecamatan Danau Panggang dan unsur kepemudaan terjun membersihkan lingkungan Dermaga Danau Panggang serta Masjid Sirajul Ummah yang terletak di samping Dermaga tersebut.


Dengan menggunakan berbagai peralatan yang ada seperti sapu, keranjang dan lai-lain, kegiatan ini membuat masyarakat yang beraktivitas di sepanjang dermaga merasa bangga dan bersimpati dengan kegiatan tersebut.


Dipilihnya dermaga ini sebagai lokasi kegiatan karena dermaga ini sehari-hari melayani transportasi sungai yang mencakupi daerah Kalsel dan Kalteng hal ini dikarenakan lokasi dermaga yang terletak di alur sungai danau yang langsung menembus ke Sungai Barito. 


Serta musim kemarau yang terjadi saat ini membuat debit sungai menjadi surut sehingga sampah dan tumbuhan sungai seperti gulma dan eceng gondok menjadi tertumpuk di pinggir dermaga. Hal ini membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu.



Ketua KNPI Hulu Sungai Utara Almin Ashar Safari, SKM yang juga Ketua DPRD HSU menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam kepedulian terhadap lingkungan terlebih lagi permasalahan sampah yang merupakan masalah pokok dalam kehidupan manusia.


Sampah yang merupakan limbah yang terus dikeluarkan oleh manusia merupakan momok yang tak pernah berakhir karena sampah merupakan sumber berbagai masalah, baik itu masalah lingkungan, kesehatan dan sebagainya. 


Oleh karena itu dengan momentum World Cleanup Day tahun 2020 ini KNPI mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda di HSU untuk lebih peduli dan memperhatikan masalah persampahan ini, "Dengan kita peduli dengan lingkungan dan sampah maka kita juga peduli dengan kehidupan dan generasi mendatang," sampai Almien 


Sementara itu, Sambil memungut sampah yang ada di tepi Dermaga Angkutan Sungai di Kecamatan Danau Panggang, Bupati HSU H Abdul Wahid HK juga memberikan arahan dan seruan pada seluruh petugas dan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dermaga.


Dengan harapan agar bersih dan selalu asri, sehingga menjadi dermaga yang sehat dan teratur seperti yang diharapkan seluruh masyarakat disini.


Selain itu, Bupati HSU menyampaikan agar seluruh masyarakat HSU terus menjaga kebersihan sekitar lingkungan tempat tinggal, kerja dan ibadah.


Terlebih di saat ini pandemi Covid 19 masih melanda wilayah HSU dengan terus menjaga kebersihan lingkungan. Tak hanya itu sambung Wahid warga juga diharapkan selalu memakai masker apabila beraktivitas dan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun.


Dan selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan, maka penularan Covid 19 dapat dihindari dan diputus mata rantai penyebarannya.  Seperti diketahui, World Cleanup Day (WCD) Indonesia kembali hadir sebagai kegiatan tahunan bersih dan  memilah sampah secara serentak di seluruh Indonesia. (*)


Sumber: Info Publik News

Penulis: Dhani

Editor: Del





×
Berita Terbaru Update