Diwarnai Pinalti Dan Kartu Merah , Barito Putera Permalukan PSM Makassar


Barito Putera - Info Publik News. Barito Putera sukses mengamankan poin kandang sekaligus revas atas kekalahan diputaran pertama dengan menaklukan PSM Makassar dengan skor 3-2 dalam lanjutan Shopee Liga 1 di stadion Demang Lehman, Martapura , Rabu ( 11/12/2019) malam.

Gol tim berjuluk Laskar Antasari dicetak sepasang gol Francisco Torres dan Samsul Arif Munip. Sedangkan tamu hanya dihasilkan pinalti pemain pengganti yang kemudian mendapat kartu merah Amido Balde dan Rizky Pellu.

Hasil ini jelas membuat Barito Mania bernafas lega karena Barito Putera sedikit menjauh dari zona degradasi dengan raihan poin 40 .

Di awal laga  Barito Putera  mencoba menekan untuk mencari gol cepat namun  pertahanan PSM yang malam ini digalang duet sang mantan Aaron Evans dan  Raphael Maitimo merespon dengan sangat baik.


Barito Putera yang tampil spartan untuk meraih poin penuh demi menjauh dari zona degradasi terus mencoba menekan. 


Menit 8  lewat  Yakob Sayuri dan Samsul Arif Munip yang saling bekerjasama satu dua masih belum menghasilkan peluang emas dimana  Samsul terlalu lama menggiring bola sehingga pergerakan bisa ditutup bek PSM.

Barito hampir kecolongan lewat tendangan bebas Rasyid Bakti dimenit 15, beruntung Si Gundul Adhitya Harlan mampu menyelamatkan gawangnya dengan memblok bola dan  gerak refleknya dengan segara mampu kembali menyambut bola liar.  

Publik Demang Lehman akhirnya bersorak saat sundulan  Fransisco Torrres  memperdaya kiper PSM Rivky Mokodompit dimenit 17.

Gol berawal saat Yacob Sayuri menerima umpan pendek dari tendangan sudut Sackie Doe di sisi kiri, dari luar kotak pinalti dengan cerdik pemain asal Sentani Papua ini mengirimkan umpan silang yang yang berhasil disundul oleh Torres.

Publik Demang Lehman kembali bersorak saat pergerakan liar Yacob Sayuri berhasil memporak porandakan barisan belakang PSM dan berhasil mengirimkan umpan silang datar kepada Samsul Arif Munip.

Dengan gerak tipu Samsul kemudian melakukan tembakan memutar untuk memaksa Rivky Mokodompit memungut boal digawangnya pada menit 22.

PSM yang mengalami kebuntuan menembus kotak pinalti Barito Putera berhasil mendapat peluang untuk memperkecil skor  di menit 31  lewat Rasyid Bakri yang melepaskan  tendangan jarak jauh yang akurat namun berhasil diredam Aditya Harlan


Barito hampir memperbesar skor dimenit 35  saat pergerakan Yacob Sayuri sukses menusuk pinalti PSM dan mengirim umpan yang gagal dihalau kiper dan bek PSM. Sayang Samsul gagal mencebloskan bola  setelah tendangan menyambut bola tidak terlalu sempurna.

Lagi-lagi Yacob Sayuri menari-nari masuk kotak pinalti dan sukses melepaskan tendangan keras yang berhasil diblok kiper Rivky Mokodompit  dimenit 38.

Di injury time  Samsul kembali melepaskan tembakan keras dari luar kotak pinalti yang memaksa Rivky Mokodompit berkerja ekstra untuk menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Skor bertahan 2-0 untuk Laskar Antasari

Dibabak kedua pelatih Darije Kalezic melakukan pergantian pemain untuk menambah daya serang dengan memasukan striker naturalisasi Ezra Walian dengan menarik gelandang M.Arfan.

Hasilnya pemain PSM terus menerus mengempur pertahanan Barito namun selalu mengalami kebuntuan.

Lagi –lagi kiper Aditya Harlan kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan mementahkan  bola keras hasil tendangan bebas Ezra Walian dimenit 56.

Tiga menit kemudian Ferdinand Sinaga yang ditempel ketat Donny Monim mampu melepaskan tembakan keras yang tidak mememui sasaran.

Tampil tak bertaji di Demang Lehman, Ferdinand pun diganti mantan striker Persebaya Amido Balde dimenit 61.


Barito Putera yang tak tinggal diam juga mendapat peluang saat  Kozuke Yamazaki berhasil membuka peluang dengan memberi umpan jauh ke kotak  PSM . Sayang Yacob Sayuri gagal menyambu bola dengan kepalanya  untuk merobek gawang PSM yang kosong melompong dimenit 67.

Selanjutnya Ezra Walian dimenit 67 juga kembali menguji Aditya Harlan lewat tembakan dari luar kotak pinalti yang hanya menghasilkan tendangan sudut.

Torres akhirnya berhasil mencetak gol kedua  dimenit 70.  Aksi solo run Samsul berhasil menusuk kotak pinalti dan mengirim umpan silang manja  yang berhasil disundul Torres . Skor 3-0

Pelanggaran Donny  Monim yang menarik kaos Amido Balde  berbuah pinalti dimenit 74.  Balde yang langsung menjadi algojo sukses  menjebol gawang Aditya Harlan yang juga bergerak kearah kanan gawang. Skor menjadi 3-1.

Jual beli serangan Laskar Antasari dan Juku Eja pun membuat pertandingan semakin seru.

Menit 81 umpan satu dua Paulo Sitanggang dan Gavin Kwan berhasil mengirim umpan kemulut gawang PSM yang sayangnya Fransisco Torres gagal menyundul bola dengan sempurna.

Selanjutnya Torres yang sedikit mengalami cidera diganti Rafael Silva.

Tensi pertandingan semakin panas, usai mendapat pelanggaran dan terjatuh Amido Balde sedikit diinjak oleh Donny Monim.  Sontak saja Balde bangkit dan  mananduk Donny Monim  yang membuat wasit langsung mencabut kartu merah dimenit 85.

Selanjutnya Yacob Sayuri yang mempunyai ruang tembak lebih memilih menembak kearah gawang daripada memberi umpan kepada Rafael Silva maupun Samsul dimana  bola masih melambung.

Menit 88 PSM berhasil memperkecil ketinggal lewat gol Rizky Pellu yang berdiri bebas dimuka gawang menyambut  umpan silang Taufik Hidayat. Gol ini lahir akibat miskomunikasi Adithya Harlan dan Rony Beroperay.

Jelang akhir laga Barito mendapat 4 peluang emas lewat  Rafael Silva yang dua kali melepaskan tembakan keras yang gagal menjebol

Kemudian Ferdiansyah yang baru masuk mengantikan Samsul Arif juga gagal mencetak gol usai menerima umpan cantik dari Rafael Silva dan sebuah tendangan kerasnya kerjasama satu dua dengan Kozuke Kamazaki .  

Skor akhir 3-2 untuk kemenangan Laskar Antasari yang berhasil naik ke peringkat 11 klasemen dengan 40 poin sama dengan raihan Persela dan PSIS.



Barito Putera akan bebas dari degradasi jika pada laga besok Perseru Badak (33) langsung gagal mengalahkan tamunya Bhayangkara Fc dan laga pada hari Jumat , Semen Padang (31) gagal mengalahkan tuan rumah PSIS .



Peringkat  Barito Putera sendiri dipastikan tidak akan disalip juru kunci yakni Kalteng Putra (30) yang jika mampu menyapu 3 laga sisa akan meraih  39 poin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diwarnai Pinalti Dan Kartu Merah , Barito Putera Permalukan PSM Makassar "

Post a Comment