Notification

×

Iklan

Iklan

TNI dan Polri Tidak Akan Menarik Pasukannya Dari Nduga

Friday, December 21, 2018 | 21 December WIB Last Updated 2018-12-21T14:22:31Z
IPN – Papua. Permintaan Gubernur Papua , Lukas Enembe kepada Presiden Joko Widodo untuk menarik personel TNI dan Polri dari Kabupaten Nduga menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 langsung direspon Polri dan TNI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menyesalkan permintaan dari Gubernur Papua.  "Seharusnya dia (Gubernur Papua) mendukung secara penuh keberadaan TNI-Polri yang ada di Papua dalam rangka menciptakan suasana keamanan yang kondusif," ujar Dedi Prasetyo di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan,  Jumat (21/12/2018) .

Namun  kata Dedi, sampai saat ini pihaknya belum berkomunikasi langsung dengan Gubernur Lukas perihal permintaanya tersebut.


Senada dengan Polri, TNI pun menunjukan sikap yang sama. Kepala Dinas Penerangan Daerah Militer XVII/Cenderawasih Kolonel Infanteri Muhammad Aidi menyatakan, ia tak akan menarik pasukannya dari Nduga.

"Seruan tersebut menunjukkan bahwa Gubernur Lukas tidak memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin, pejabat, dan wakil rakyat," kata Aidi melalui keterangan resmi, hari ini.

Aidi menyatakan TNI-Polri datang bukan untuk menakuti rakyat, apalagi membunuh. "Rakyat dan aparat TNI-Polri bisa merayakan Natal bersama dan tidak perlu merasa terganggu atas kehadiran kami," ucap dia. 


Sebelumnya  Gubernur Lukas menyebut bahwa permintaan untuk menarik semua pasukan TNI-Polri telah disetujui oleh pimpinan dan anggota DPRP, MRP, tokoh gereja, adat, aktivis HAM, pemkab dan masyarakat Nduga.

"Kehadiran personel TNI dan Polri di Nduga kurang tepat dengan waktu perayaan Natal yang sudah dekat, sehingga ada baiknya ditarik dari Kabupaten Nduga. Masyarakat mau merayakan Natal. Ini momen Natal, tidak boleh ada TNI dan Polri di sana," ucap Lukas.



×
Berita Terbaru Update