HMI Cabang HSU Gelar Forum Kewirausahaan Muda di Kampus STIPER Amuntai



Narasumber Kewirausahaan saat menyampaikan materi kepada mahasiswa di Kampus STIPER Amuntai

AMUNTAI (Infopubliknews) - Sebanyak  100 lebih Mahasiswa kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Amuntai mengikuti launching 1.000 wirausaha muda KALSEL dan pelatihan kewirausahaan di auditorium kampus STIPER Amuntai, HSU  KALSEL, Sabtu (15/9) baru tadi.

Kegiatan yang digelar oleh HMI Cabang Amuntai bersama Forum Kewirausahaan Pemuda, pihak kampus STIPER Amuntai, dan Bank Kalsel ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan membina wirausaha muda pemula bagi para mahasiswa dan pemuda di Kalimantan Selatan.



Eksis bersama dengan pemateri bersama panitia


''Pelatihan dengan tema " Terbinanya generasi muda dengan jiwa seorang pengusaha dalam meningkatkan kemandirian pemuda" ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan pelaku usaha mikro UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya,'' kata Adam Samsudin Noor ketua umum HMI Cabang Amuntai, di sela-sela kegiatan.

Sebagian dari Para peserta yang ikut dalam pelatihan ini memiliki beragam lini usaha mulai dari, penjual makanan, penjual pakaian, jasa, ternak ,  hingga usaha online. Peserta diberikan pelatihan lanjutan dan diberikan mentor untuk konsultasi bisnis dari FKP untuk  pendampingan.

''tindak lanjut kegiatan ini mereka akan dibekali pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran, dan perubahan pola pikir pada saat pelatihan selanjutnya baik di pertemuan rutin maupun media sosial seperti WhatsApp nanti,'' jelas Zulrifan Noor selaku ketua Forum Kewirausahaan Pemuda KALSEL.

Selanjutnya dalam program mentoring terstruktur dalam beberapa bulan para peserta akan didampingi mentor secara kelompok untuk membukan peluang usaha bagi yang belum memiliki usaha dan mengembangkan usaha bagi yang sudah memiliki, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan kemandirian pemuda.

Pelatihan kewirausahaan serta launching 1.000 wirausaha muda KALSEL ini yang pertama kali di launching di Amuntai tepatnya di kampus STIPER Amuntai.

'Pelatihan tersebut terselenggara atas dukungan dari Bank Kalsel selaku Bank Daerah yang turut berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Selanjutnya kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kampus STAI Rakha Amuntai.

Melalui pelatihan ini diharapkan agar para wirausaha muda lebih banyak mengetahui tentang fasilitas produk dan jasa yang ditawarkan oleh Bank Kalsel, terutama dalam hal permodalan usaha diantaranya melalui Kredit Usaha Rakyat, Kredit Banua Ritel dan Kredit Banua Peduli dengan proses mudah dan cepat.

pelaksanaan program Pelatihan kewirausahaan dan launching 1.000 wirausaha muda KALSEL di Amuntai ini adalah rangkaian program untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada mahasiswa dan pemuda di Kalsel yang akan dilakukan hingga 2019.

Dalam kesempatan itu turut hadir pula Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Balangan. (*)

Penulis : Syaifullah
Editor : Abai

Subscribe to receive free email updates: