-->

BAGIAN-BAGIAN ADOBE PHOTOSHOP

BELAJAR PHOTOSHOP - IPN.  Untuk mempelajari photoshop kita harus mengerti menu dan tool yang digunakan. Namun jangan panik, menu dan tool tersebut sangat mudah dipahami. 

Dengan memahami menu dan fungsi tool pada Photoshop kita bisa berkreasi tanpa batas. 

Adapun Photoshop yang akan dibahas tim IPN kali ini adalah versi CS6.


Berikut bagian-bagian ruang kerja photoshop.


 

1. Menu Bar

Menu bar atau yang biasa disebut dengan menu merupakan tempat berbagai menu yang berfungsi untuk memberi perintah seperti membuat halaman kerja baru, menyimpan desain, membuka file, atau pemberian efek-efek.
Pada menu bar terdapat beberapa menu lagi, sebagai berikut:
a. File

menu file photoshop
b. Edit

menu edit photoshop
c. Image

menu image photoshop
d. Layer

menu layer photoshop
e. Type

menu Type photoshop
f. Select

menu select photoshop
g. Filter

menu filter photoshop
h. 3D

menu 3D photoshop
i. View

menu view photoshop
j. Window

menu window photoshop
k. Help

menu help photoshop

2. Tool Option Bar

Tool option bar digunakan untuk mengatur nilai parameter dari tool yang sedang aktif. Jika kita menggunakan salah satu tool, maka untuk mengatur tool tersebut berada di tool option bar ini.
Misalnya, ketika kita menggunakan tool brush, maka untuk mengatur bentuk brush ataupun opacity bisa kita lakukan di tool option bar ini. 
Contoh lebih mudahnya adalah jika kita sedang membuat teks, nah untuk mengganti jenis huruf, ukuran, maupun warnanya berada disini.

3. Tab Halaman Kerja

Tab halaman kerja adalah sederetan halaman kerja yang sedang dibuka. Kita bisa membuka halaman kerja lebih dari satu. Hal ini digunakan jika ingin menggabungkan beberapa gambar menjadi satu, kita harus membuka semua gambar yang ingin digabungkan terlebih dahulu.

4. Tool Box

Tool box merupakan tempat dari berbagai tool atau peralatan untuk editing. Tool sendiri adalah elemen yang sangat penting pada Photoshop, karena semua proses editing pada Photoshop selalu menggunakan tools.
Tapi tidak semua tool ditampilkan, karena saking banyaknya tool maka dikelompokkan sesuai jenisnya. Untuk menampilkan tool yang tersembunyi itu bisa dengan cara klik kanan pada tool yang diinginkan.
Tempat toolbox ini berada di bagian kiri ruang kerja photoshop.

5. Halaman Kerja / Kanvas

Halaman kerja atau area kerja ini berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses editing. Pada area kerja inilah kita mengerti seberapa ukuran dari file atau gambar yang kita edit.

6. Panel atau Palette

Panel atau palette berada di sebelah kanan ruang kerja photoshop. Panel ini terdiri dari Navigation Panel, Color Panel, History Panel serta yang terpenting adalah Layer Panel. Berikut fungsi dari bagian-bagian itu:
a. Navigation Panel berfungsi sebagai pemberi info navigasi pada halaman kerja
b. Color Panel digunakan untuk memudahkan kita dalam memilih warna serta styles pada warna tersebut
c. History Panel berfungsi memberikan informasi apa saja yang telah kita kerjakan pada halaman kerja
d. Layer Panel berguna untuk mengedit sebuah layer. Ini merupakan bagian terpenting pada Photoshop karena disinilah tempat objek-objek yang akan dimasukkan pada lembar kerja.

Semoga Bermanfaat

Tags :

bm
Created by: ADMIN INFO PUBLIK NEWS

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment