Plt Bupati Kab.HSU H Husairi Abdi, Hadiri Bukber Bank Kalsel Cab. Amuntai - INFO PUBLIK NEWS

Wednesday, April 20, 2022

Plt Bupati Kab.HSU H Husairi Abdi, Hadiri Bukber Bank Kalsel Cab. Amuntai


Momen penyerahan bantuan oleh Plt Bupati HSU H Husairi Abdi Lc, pada warga penerima bantuan.


AMUNTAI-IPN- Rabu (20/4) sore tadi, Bank Kalsel Cabang Amuntai melaksanakan Buka Puasa Bersama yang di ikuti oleh Karyawan dan Karyawati Bank Kalsel Cabang Amuntai. Dalam pelaksanaan buka puasa bersama ini hadir Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H.Husairo Abdi, Lc didampingi Wakil Ketua TP.PKK Kab.HSU Hj. Erlianor Fauziah Husairi Abdi.

Buka Puasa bersama ini juga di barengi dengan penyerahan dana Bantuan Zakat , infak dan sadaqah UPZ  Bank Kalsel yang di serahkan kepada 10 mustahik ( orang yang berhak menerima zakat) dari berbagai wilayah di kabupaten hulu sungai utara.

Sebagai mana yang kita ketahui sebuah badan usaha, tidak hanya memiliki tanggung jawab ekonomis dalam bentuk perolehan profit dan dividen, melainkan juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan masyarakat.

Bank Kalsel sebagai suatu lembaga keuangan yang berbentuk badan usaha milik daerah tentunya menaruh perhatian khusus dalam kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan sosial kemasyarakatan.






Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Kalsel yang selama ini aktif mendukung kegiatan sosial adalah salah satu contohnya. Namun ada lagi wadah kepedulian Bank Kalsel akan sosial yakni Unit Pengumpul Zakat atau lebih dikenal dengan singkatan UPZ Bank Kalsel.

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) baik BAZNAS Provinsi atau BAZNAS Kabupaten/Kota untuk membantu mengumpulkan zakat. UPZ Bank Kalsel dibentuk dengan tugas menghimpun dan menyalurkan zakat sebagai institusi BUMD.

Terbentuknya UPZ Bank Kalsel diawali pada tanggal 10 Desember 2004 berdasarkan Keputusan Direksi, dimana saat itu masih berbentuk Badan Pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqah (BP-ZIS). Berdasarkan Keputusan Ketua BAZNAS Provinsi Kalsel No. 01 Tahun 2019 tentang Perubahan Keputusan Ketua BAZNAS Provinsi Kalsel No. 23 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Pengumpul Zakat BAZNAS Bank Kalsel, maka BP-ZIS berubah menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Kalsel pada tahun 2018.

Meskipun bernama unit pengumpul zakat, UPZ Bank Kalsel tidak hanya menghimpun zakat, melainkan juga menghimpun infak dan sedekah yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan. Dari internal, zakat dapat berasal dari gaji per bulan seluruh Pegawai Bank Kalsel termasuk Dewan Komisaris dan Direksi. Sumber dana eksternal antara lain dari pembayaran zakat oleh nasabah maupun masyarakat melalui transfer rekening.

Dalam kesempatan Buka Puasa ini Bank Kalsel Cabang Amuntai berkesempatan menyalurkan dana Bantuan ZIS UPZ Bank Kalsel sebesar 15.400.000,-  kepada 10 orang yang berhak menerima Zakat ,Infak Dan Sadaqah.

Hal ini senada dengan apa yang di sampaikan oleh Pimpinan Cabang Bank Kalsel Amuntai Aly Rizqan yang menyampaikan  bahwa kegiatan ini merupakan program rutin dari Bank Kalsel Cabang Amuntai dan pada kesempatan tahun ini di barengi dengan penyerahan Dana Bantuan ZIS UPZ Bank Kalsel sehingga diharapkan menambah keberkahan dalam kegiatan buka puasa, kemudian Bank Kalsel sebagai Bank nya urang Banua tentunya akan memberikan pelayan dan manfaat yang sebaik- baiknya bagi masyarakat dan Banua Hulu Sungai Utara .Selain itu juga bersyukur bahwa dalam kesempatan buka puasa ini hadir plt. Bupati Hulu Sungai Utara yang di sela kesibukannya menyempatkan diri berhadir dalam kegiatan ini. 

Plt. Bupati Hulu Sungai Utara H.Husairi Abdi, Lc, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan syukur atas terlaksananya kegiatan buka puasa ini dan berharap melalui buka puasa ini terjalin silaturahmi dan kekeluargaan di sela suasana puasa ramadhan yang di bungkus dalam kegiatan buka puasa bersama di jajaran bank kalsel amuntai.

Kegiatan Buka Puasa ini di lengkapi dengan penyampaian tausiah dan doa bersama yang di sampaikan oleh ustadz Ahmad Rifai dari Kota Raden Amuntai.


Sumber: Diskominfosandi untuk Info Publik News

Uploder: Tim

Comments