Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati dan Forkopimda Kab.HSU Ikut Revolusi Hijau dengan Tanam Pohon Ulin

Friday, February 12, 2021 | 12 February WIB Last Updated 2021-02-12T06:58:08Z

 

Bupati H Abdul Wahid HK, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK dan Dandim Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi saat hadir dalam kegiatan Revolusi Hijau di Objek Wisata Candi Agung.


AMUNTAI -IPN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui dinas Perumahan dan Permukiman, Lingkungan Hidup (Dinas Perkim LH) bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel melakukan penanaman bibit pohon Ulin di kawasan Hutan Kota Candi Agung Amuntai, Jumat (12/1) pagi.


Penanaman pohon tersebut merupakan gagasan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang dinamakan Gerakan Revolusi Hijau Penanaman 10.000 bibit Ulin se Kalimantan Selatan. 


Untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara sendiri diserahkan 200 bibit pohon ulin, 100 bibit pohon mahoni dan 100 bibit pohon buah-buahan. Kegiatan ini dihadiri Bupati HSU H Abdul Wahid HK, Ketua DPRD Almien Ashar Safari SKM, Dandim Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi SIP dan Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK dan kepala dinas.


Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya dibacakan Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H Abdul Wahid HK mengatakan bersyukur pada momen ini bersama-sama dapat melakukan penanaman pohon secara serentak, dengan menanam 10.000 bibit pohon Ulin se-Kalimantan Selatan. 


Menanam bukan hanya penghijauan semata. Akan tetapi juga melestarikan tanaman endemik asli Kalimantan Selatan yang sekarang mulai hampir punah. 


Pohon Ulin memang sangat baik untuk penghijauan jangka panjang. Di Samping menahan air dan tanah, pohon Ulin juga memiliki daya cegah untuk menahan erosi maupun tanah longsor, mengurangi pemanasan global serta menjaga iklim untuk tetap stabil.








Menurut Gubernur Kalsel menanam satu pohon hakikatnya kita menanam satu kebaikan, dengan ini kita bersama-sama untuk terus melestarikan paru-paru dunia sekaligus sumbangsih nyata dari kita untuk Indonesia dan untuk dunia.


"Sampai saat ini program penghijauan Revolusi Hijau telah berjalan dengan baik, berkelanjutan, dan bahkan mendapat pujian dari presiden sebagai provinsi dengan penghijauan terbaik di Indonesia" ucapnya

 

Dalam wawancara Bupati HSU juga menambahkan rasa syukur hari ini dirinya bersama seluruh jajaran Forkopimda maupun kepala SKPD bisa ikut serta menyukseskan gerakan Revolusi Hijau Penanaman 10.000 bibit ulin secara serentak di provinsi Kalimantan Selatan. 


Sebagai simbol dari upaya pemda dan instansi melakukan Revolusi Hijau tentu hendaknya ini meningkat kesadaran kepada kita semua tak terkecuali seluruh masyarakat HSU agar mengupayakan selalu menanam pohon ditempatkan tinggal masing-masing.


"Terima kasih pada pemerintah provinsi Kalimantan Selatan yang telah mengupayakan program pengerukan sungai sehingga musibah banjir di kabupaten HSU bisa diminimalisir," tandasnya.


Sementara itu, Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan SIK yang hadir juga menilai lewat gerakan menanam ini mampu menjadi serapan air yang ada di sekitar. Dan ini tentu sangat bermanfaat dalam upaya mengendalikan bencana banjir yang ada di daerah ini.


"Kami sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan sampai di tingkat polsek untuk menanam digalakkan," kata Afri.


Diketahui selain di wilayah Candi Agung pohon-pohon ini juga akan ditanam di wilayah stadion karias, rest area Tapus dan beberapa pesantren yang ada di Hulu Sungai Utara. (*)



Sumber: Info Publik News dan Humas Polres HSU dan Diskominfo HSU

Editor: Del

Uploder: Tim





×
Berita Terbaru Update