-->

Kementerian Dalam Negeri Saudi : Umroh Dibuka Secara Bertahap Mulai 4 Oktober



 Riyadh - IPN . Setelah pelaksanaan umroh ditangguhkan selama tujuh bulan akibat pandemi virus Corona (COVID-19), Arab Saudi akan mulai kembali melanjutkan aktivitas ibadah umroh secara bertahap mulai 4 Oktober mendatang.  

Dikutip dari Saudi Press Agency (SPA) ,  Kementerian Dalam Negeri Saudi mengumumkan bahwa umroh akan dibuka kembali secara bertahap.

"(Tahap pertama) 6.000 Warga dan penduduk di dalam Kerajaan (Saudi) akan diizinkan menjalankan umroh per hari mulai 4 Oktober," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Saudi.  

Namun para jemaah dari luar Saudi,  akan diizinkan menjalankan umroh mulai 1 November mendatang, saat kapasitas umroh dinaikkan menjadi 20 ribu jemaah per hari.

Ditegaskan Kementerian Dalam Negeri Saudi bahwa umroh akan diizinkan kembali dilakukan secara penuh pada 'kapasitas wajar' yang penuh begitu ancaman Corona mampu dihilangkan.

Menurut Kementerian Dalam Negeri Saudi, keputusan untuk melanjutkan kembali aktivitas umroh merupakan tanggapan atas 'aspirasi umat Muslim di dalam dan luar negeri' untuk menjalankan ritual dan mengunjungi tempat-tempat suci.

Otoritas Saudi diketahui menggelar ibadah haji terkecil dalam sejarah modern di negaranya pada akhir Juli lalu, dengan hanya 10 ribu jemaah yang diperbolehkan mengikuti ibadah haji itu -- sangat drastis jika dibandingkan 2,5 juta jemaah yang menunaikan ibadah haji tahun lalu. 

Otoritas kesehatan Saudi menyatakan tidak ada kasus Corona yang terdeteksi selama pelaksanaan ibadah haji terbatas itu.

Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment