-->

Dandim 1001/Amuntai-Balangan Buka Event Pagelaran Tari Khas Daerah Kalimantan


Foto Dandim Amuntai-Balangan Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi SIP dan jajaran dan Pemkab Balangan.


Balangan -IPN- Dalam upaya melestarikan dan menjaga kebudayaan seni daerah, Kodim 1001/Amt-Blg adakan Pagelaran  Kesenian Tari Khas Kalimantan dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, bertempat di Gedung Sanggam Kab.Balangan. Senin (31/08/2020)

Pagelaran Kesenian Tari Khas Kalimantan ini diselenggarakan dalam rangka Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Kodim 1001/Amt-Blg Triwulan III Ta.2020 dengan mengusung tema "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaftif ".

Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, S.I.P., M.Tr (Han) yang membuka langsung acara tersebut menyampaikan, kegiatan Komsos ini merupakan program pembinanaan Teritorial TNI- AD yang bertujuan untuk menyiapkan pertahanan, membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanungalan TNI-Rakyat melalui sinergitas dengan komponen masyarakat seniman dan seniwati di Kab.Balangan.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, melalui kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan karna dihadapkan dengan pandemi Covid-19 dengan tetap menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

"Dengan diadakanya kegiatan ini diharapkan dapat terjalin Komunikasi yang intensif antara Personel Kodim 1001/Amt-Blg dengan komponen masyarakat sehingga terjalin hubungan emosional yang erat dan harmonis dalam rangka mempertahankan Ideologi Pancasila guna meningakatkan kemanunggalan TNI-Rakyat diwilayah Kab.Balangan.ucap Dandim dalam sambutannya

Senada dengan hal tersebut, Seketaris Dinas Pariwisata Kab.Balangan Ibu Mariana, Sp juga mengatakan sangat berterimakasih kepada Kodim 1001/Amt-Blg dan sangat mengapresiasi dengan diadakannya Pagelaran Tari Khas Kalimantan ini, dan tentunya akan membuat penerus bangsa terutama anak-anak dalam menggali nilai sosial dan cinta budaya daerah yang terkandung dalam seni tari serta dapat melestarikanya. ungkapnya

Pagelaran Tari Khas Daerah Kalimantan ini diikuti oleh tiap Sanggar Seni dan Sekolah Tingkat Atas (SMA) se Kab.Balangan, menampilkan berbagai macam seni tari khas Kab.Balangan seperti Tari Pidara, Tari Ipalas,Tari Bamandi-Mandi, Tari simpai Pakansaan, Tari Bapelas Kampung, Tari Batutungkal (Aruh Adat), dan Tari Kukus Semangat.

Untuk juara pertama sampai juara ketiga serta juara busana terbaik mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan dari Kodim 1001/Amt-Blg.

Turut hadir dalam kegiatan Komsos tersebut, Dandim 1001/Amt-Blg, Sekretaris Dinas Pariwisata Kab.Balangan, Kepala Koni Kab.Balangan, Pasiter Kodim, Para Danramil Wil.Balangan dan Para Sanggar Tari Kab.Balangan.(*)



Sumber: Pendim 1001 Amuntai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment