-->

LUUK KUPANG , OBJEK WISATA DI DESA TANDILANG KAB.HST


Objek Wisata - IPN . Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang beribu kota Barabai ( dari Banjarmasin ke Utara sekitar 160 Km  ) memiliki potensi wisata alam yang satu persatu bermunculan setelah dikelola masyarakat secara swadaya. 

Menuju ke Kecamatan Batang Alai Timur  terdapat banyak   objek wisata seperti Desa Nateh yang dikenal dengan gunung karst dan sungai berjeram  , kemudian Desa Tandilang yang terdapat Pondok Bambu dan Luuk Kupang. 

Luuk Kupang   adalah sebuah sungai kecil berbatuan yang terdapat sebuah arus jeram yang menarik dan mengasyikan untuk dilewati menggunakan ban dalam karet ( Ucus *Bahasa Banjar ).





Kejernihan dan  air sungai dan sejuknya suasana alam membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati pesona alam Luuk Kupang yang terletak di pinggir jalan Kecamatan dan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. 

Disini pihak pengelola juga menyediakan tenda untuk lesehan , ban karet , beberapa warung dan untuk kebersihan juga tersedia beberapa tempat sampah.

Medan perjalanan berupa banyaknya tanjakan dan turunan yang menikung harus membuat pengunjung untuk ekstra hati-hati dalam berkendaraan baik roda dua maupun roda empat. 





Berikut Rute Perjalan Dari Kota Barabai Ke Objek Wisata Luuk Kupang Tandilang


  •  Dari Kota Barabai terus lurus menuju arah Balangan / Tanjung.
  • Saat persimpangan Desa Kapar , ambil jalur Kanan menuju Birayang Kecamatan Batang Alai Selatan ( jika belok Kiri /jalan provinsi maka anda akan menuju Balangan / Tanjung)
  •  Di simpang tiga Birayang ambil arah Pasar Birayang ( sebelah Kiri )
  •  Pada simpang 4 pasar Birayang , ambil arah Kanan memasuki Kelurahan Birayang Timur , Desa Wawai , Desa Wawai Gardu , Desa Labuhan (disini terdapat Bendungan Batang Alai ) .
  • Kemudian memasuki Desa Batu Tangga ,  pada persimpangan tiga Setajau ambil lurus saja menuju Desa Tandilang sekitar 6 Km ( jika belok Kiri anda menuju Desa Nateh )
  •  Tiba di Desa Tandilang tetap ikuti jalan Kecamatan dimana anda akan melewati Kantor Camat Batang Alai Timur , Puskesmas Tandilang , Pondok Bambu.
  • Setelah melewati Pondok Bambu , maka anda akan tiba di Luuk Kupang yang terletak disebelah kiri jalan.
  •  Silahkan parkir di lokasi yang telah disediahkan pihak pengelola dengan tarif Rp.5.000 untuk roda dua dan Rp.10.000 untuk roda empat. 
Sekali lagi perlu diingat dalam perjalanan perlu hati-hati karena banyak terdapat tikungan tajam , tanjakan dan turunan curam yang tidak ada rambu-rambu lalu lintas hingga sampai lokasi.
 
Selamat menikmati objek wisata Luuk Kupang , jangan lupa untuk tetap menjaga  kebersihan dan #SaveMeratus


Tags :

bm
Created by: ADMIN INFO PUBLIK NEWS

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment