RSUD Pambalah Batung Telah Tangani Pasien Covid-19 sesuai SOP


Bupati H Abdul Wahid HK saat melakukan kunjungan pemantauan di RSUD PB Amuntai.

  • Ruang Poli Mata Jadi Ruang Isolasi Covid-19

AMUNTAI - IPN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai menyiapkan ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Bahkan rumah sakit ini telah merawat satu pasien positif Covid-19 dengan kode C1 yang merupakan jamaah klaster Gowa. 

Diketahui ruang isolasi yang dipilih adalah ruang Poli Penyakit Mata. Meski bekas ruang poli mata namun pihak rumah sakit mengatakan standar ruangan perawatan tersebut memenuhi standar ruangan isolasi pasien Covid-19.

Direktur RSUD Pambalah Batung dr Moch Yandi Friyadi ‎membenarkan ruang poli penyakit mata dijadikan ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

"Ruangan isolasi ini dilengkapi ecospan, pendingin atau Air Conditioner dan ditutup dengan kaca. Untuk kondisi pasien, ruangan ini didukung kamera cctv Sehingga petugas bisa mengawasi kondisi pasien yang dirawat tanpa harus melakukan kontak fisik," kata Yandi melalui sambungan WhatsApp.


Bupati H Abdul Wahid HK saat melihat sarana pendukung di RSUD PB.

Tak hanya itu sebut Yandi jalan menuju ruang isolasi juga disediakan jalan khusus dengan mengalihkan jalan lain untuk pengunjung umum.

Pengalihan jalan ini ungkap direktur, dimaksudkan agar tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 tidak berpapasan atau bertemu dengan pengunjung lainnya. 

"Alhamdulillah petugas kesehatan telah diikutsertakan pelatihan penanganan pasien Covid-19. Termasuk ketersediaan dokter spesialis paru. Semua petugas kesehatan selalu dilengkapi Alat Pelindung Diri atau APD," lengkapnya. 

Sementara itu, belum lama ini Bupati H Abdul Wahid HK kembali mengecek rumah sakit tersebut dalam kesiapan menangani pasien PDP Covid-19.

"Kami meninjau kesiapan rumah sakit daerah dalam melakukan standar perawatan khusus bagi pasien terkonfirmasi Covid-19. Secara keseluruhan siap. Sebab sudah ada satu pasien yang ditangani dengan intensif oleh tenaga kesehatan rumah sakit ini," terang Wahid. (*)

Sumber: Info Publik News
Penulis: Dhani
Editor: Del

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment