Remaja Pencandu Game Online Mengalami Kebutaan


Medan - Info Publik News. Seorang remaja bernama  Surya Utama (19), warga Dusun I, Desa Pinangripan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan tak lagi dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa karena mengalami kebutaan.

Diduga, penyebabnya akibat Surya keseringan bermain game online melalui ponselnya selama 5 jam dalam sehari.

Dikutip dari Sindonews , Surya mengaku dalam sehari sehari menghabiskan waktu tiga sampai lima jam bermain  Mobile Legend, PUBG dan terakhir sering main  FreeFire.

"Seringnya di malam hari. Kadang di tempat gelap sekalian ngecas HP. Kalau tidurnya tergantung. Kadang jam 2, kadang jam 3," ujar Surya saat menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Khusus Mata Sumatera Eye Centre (Smec), Jalan Iskandar Muda, Medan, Selasa (10/09/2019).

Surya menceritakan, gangguan penglihatannya ini dirasakan sejak bulan Ramadhan silam, dimana awalnya penglihatannya kabur dan matanya mengalami kemerahan sehingga semakin hari semakin rabun dan sekarang sama sekali tidak dapat melihat. 

Saat ini Surya hanya dapat merasakan cahaya terang saja dan itupun hanya di matanya yang sebelah kiri saja. Untuk melihat yang lainnya matanya sudah tidak bisa lagi. Untuk ke kamar mandi saja, ia harus meraba-raba dinding. Begitu juga untuk berjalan dari kamarnya ke depan rumahnya. 

Semetara sang ayah Supardi  mengaku merasa khawatir dengan kondisi anak pertamanya dari dua bersaudara itu karena tidak bisa melihat.

"Sudah lima kali ke rumah sakit dan akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit SMEC Medan. Saya berharap yang terbaik untuk Surya," kata Supardi.

Sementara itu, dr. Pinto Yusneni Pulungan Sp. M. dari beberapa tahap pemeriksaan hingga matanya di-scanning ,  Surya memang murni mengalami glaukoma.

"Dari hasil scanning, sudah kita dapatkan bahwa saraf dia sudah mengalami atrofi atau kematian saraf. Glaukoma primer itu, penyakit generatif atau tidak sembuh, dengan peninggian tekanan bola mata dan kerusakan pada saraf penglihatan," kata dr Pinto.

Namun  dr Pinto menegaskan  glaukoma yang dialami Surya tak ada kaitannya dengan aktivitasnya suka bermain game online tapi bisa disebabkan karena penyakit lain , misalnya keletihan pada mata atau infeksi.

Dalam istilah medis, glaukoma bisa disebut 'pencuri mata'. Sebab, penderitanya tak menyadari ada penyakit itu. Apalagi gejala penyakit ini sangat samar, bahkan tanpa keluhan tiba-tiba pandangan kabur dan mengalami kebutaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Remaja Pencandu Game Online Mengalami Kebutaan "

Post a Comment