Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kalsel Gelar Rakor Tim Pora di Kota Amuntai



Foto bersama Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Kalsel Agus Toyib MH (tengah) dan jajaran terkait dalam kegiatan Rakor Tim Pora wilayah HSU dan HST di Minosa Resort Hotel siang tadi. 


AMUNTAI - Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kalsel melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Orang Asing atau disingkat Tim Pora di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dan Hulu Sungai Tengah yang dipusatkan di Aula Minosa Resort Hotel Kabupaten HSU Rabu (11/9). 

Kegiatan ini dibuka langsung Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Kalsel Agus Toyib MH dan dihadiri unsur unsur pemerintah, Polri, TNI, dan kementerian/lembaga seperti Lapas dan Kejaksaan, Kantor Kemenag HSU. 

Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Kalsel Agus Toyib MH menyampaikan tujuan dari pembentukan Tim Pora untuk dua wilayah HSU dan HST dalam rangka meningkatkan kerja sama dan koordinasi serta sinergitas antara instansi terkait pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayahnya masing-masing.


"Saling bekerjasama dan bersinergi untuk mengawasi kegiatan orang asing di HSU. Dengan harapan kedepannya pengawasan sampai ke tingkat kecamatan sampai desa," katanya.

Sementara itu, Kepala Intelijen dan Penindakan Imigrasi Kelas I Kalsel Masbudi Priyanto menyampaikan bahwa pembentukan Timpora ini berdasar dasar Pasal 69 Undang-Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Tujuan terangnya memberikan rasa aman, baik terhadap keberadaan warga negara asing itu sendiri, maupun masyarakat

"Tugas Tim Pora adalah memberikan saran dan pertimbangan kepada pimpinan instansi terkait dalam hal keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayahnya masing-masing," lengkapnya.

Menambahkan, Kepala Imigrasi Kelas I TPI Kalsel Syahrifullah dalam wawancara mengakui bahwa untuk tim pora di Kalsel hampir semua terbentuk kecuali HSU dan HST. Maka kegiatan ini digelar dalam upaya merampungkan tim pora di Kalsel. 

"Di HSU secara informal sudah ada untuk pengawasan orang asing. Tingkat kerawanan ada mengingat HSU merupakan lokasi tujuan wisatawan," jawabnya. (*) 


Sumber : Info Publik News 
Penulis : Bar
Editor : Bar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kalsel Gelar Rakor Tim Pora di Kota Amuntai "

Post a Comment