Notification

×

Iklan

Iklan

Catat,,,,, Diskominfo HSU Akan Launching Portal HSU dan Aplikasi Simpun

Friday, April 12, 2019 | 12 April WIB Last Updated 2019-04-12T04:25:56Z


Kadis Kominfo HSU H Adi Lesmana bersama Asisten ll  H Rifaniansyah dan Asisten III H Ilman Hadi  Setda HSU (Tengah).


IPN - Amuntai - Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabulaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kegiatan rapat koordinasi persiapan Launching Portal HSU dan aplikasi Simpun tahun 2019 Jumat (12/4).

Bertempat di Gedung Agung, Asisten II Drs. H. Akhamd Rifaniansyah membuka rapat persiapan luancing portal Hsu dan Aplikasi simpun sekaligus dihadiri SKPD terkait Kab. Hsu.

Kepala Dinas Kominfo H. Adi Lesmana dalam pemaparannya menyampaikan Portal HSU adalah sebuah layanan SPBE Kabupaten HSU dengan sistem Single Sign On merupakan salah satu implementasi dari perbub HSU Nomor 54 tahun 2018 tentang penerapan dan pengembangan E-Goverment Pemerintah Kab. HSU.




Adi Lesmana menambahkan, Portal HSU ini berbasis web yang nantinya menjadi kunci untuk membuka pintu masuk bagi pengguna ASN maupun Masyarakat HSU untuk mengakses berbagai layanan, baik terkait proses kerja pemerintahan maupun layanan umum.

"Portal HSU terbagi menjadi 2 jenis layanan, yaitu layanan pemerintah non publik dan layanan umum masyarakat atau layanan publik" jelasnya.

Adi Lesmana menambahkan, pada tahap awal peluncuran Portal HSU nanti juga dibarengi peluncuran Aplikasi SIMPUN (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan) yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Aplikasi SIMPUN terintegrasi dalam Portal HSU, yang bermanfaat untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan secara online, seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Akta Kematian," jelas Adi.

Menurut Adi, pembuatan dokumen kependudukan melalui aplikasi tersebut sangat berguna bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus ke kantor Disdukcapil, karena bisa dilakukan secara online, dan hasilnya akan dikirim melalui PT POS ke alamat masing-masing.

Adi Lesmana berharap semoga nantinya aplikasi portal HSU ini bisa Lunching pada saat hari Jadi Kabupaten HSU yang ke 67.

Oleh karena itu, dia berharap adanya komitmen bersama SKPD terkait mulai dari persiapan hingga peluncuran Portal HSU nanti. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai


×
Berita Terbaru Update