Notification

×

Iklan

Iklan

Sekda Kab.HSU Pimpin Kick-off Meeting Penyusunan RPJPD dan RKPD Arah Kebijakan Pembangunan Daerah

Monday, September 11, 2023 | 11 September WIB Last Updated 2023-09-11T11:57:01Z


Dari kiri Sekda HSU Adi Lesmana, Pj Bupati Zakly Aswan dan Kepala Bappedalitbang M.Haridi


AMUNTAI -IPN - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana, tekankan akan pentingnya penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) sebagai arahan kebijakan perencanaan pembangunan daerah.


Demikian hal tersebut disampaikannya pada kegiatan Kick Off meeting penyusunan RPJPD HSU tahun 2025-2045, bertempat di Mess Nagara Dipa Amuntai, Senin (11/9/2023), yang turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati HSU, Pejabat SKPD serta Kepala Badan dilingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

 

Adi Lesmana menyebut, bahwa kegiatan meeting penyusunan RPJPD sangat penting dan strategis dilaksanakan guna tersusunnya RPJPD yang merupakan arahan kebijakan perencanaan pembangunan daerah, yaitu RPJMD dan RKPD, disamping sebagai pedoman dalam perumusan visi, misi dan program calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.


"RPJPD HSU tahun 2005-2025 yang telah dilaksanakan selama 18 tahun terakhir telah membuahkan hasil yang cukup baik dalam urusan pemerintahan," ucapnya.









Diakuinya, pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita di HSU mengalami peningkatan enam kali lipat dengan pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran empat persen.


"Dari sisi daya saing manusia yang diukur dengan indeks pembangunan manusia (IPM),

menunjukkan capaian yang semakin membaik, begitu pula dengan angka kemiskinan yang mengalami penurunan dari 11,91 % pada tahun 2005 menjadi 6,49 % pada tahun 2022," ujarnya.


Akan tetapi Adi Lesmana menuturkan, saat ini Kabupaten HSU masih dihadapkan pada

tantangan besar untuk dapat meningkatkan posisi relatif terhadap capaian kabupaten /kota lainnya di provinsi kalimantan selatan, terutama pada indikator makro pembangunan seperti IPM, angka kemiskinan, dan PDRB per kapita.


"Secara umum HSU juga masih dihadapkan pada berbagai tantangan berupa peningkatan kualitas SDM, kualitas tenaga kerja, infrastruktur, pembangunan di bidang ekonomi, sosial lingkungan hidup yang berkelanjutan, ancaman bencana terutama banjir, maupun tantangan secara kelembagaan dengan meningkatkan konstribusi sektor-sektor unggulan di HSU," ungkapnya.


Untuk itu dirinya berharap, kepada tim penyusun RPJPD dan semua stake holder yang ada di HSU, agar dapat berkerjasama menghasilkan visi dan misi daerah, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun kedepan.


"Dengan tetap mempedomani kepada RPJPN dan RTRW serta tetap memperhatikan KLHS, semoga dengan adanya dokumen RPJPD HSU tahun 2025-2045 dapat memenuhi harapan kita yaitu akan menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan HSU sebagai daerah yang masuk dalam kategori daerah maju," harapnya.


Adapun pada kegiatan ini juga disampaikan materi oleh Kepala Bappedalitbang HSU Muhammad Haridi, serta Nita Yiswa selaku Konsultan Perencanaan Pembangunan Daerah. 


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update