Notification

×

Iklan

Iklan

Pj.Bupati HSU Zakly Aswan Hadiri Pembukaan MTQN Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Ke - 34 di Kota Banjarbaru

Saturday, July 22, 2023 | 22 July WIB Last Updated 2023-07-22T02:32:06Z


Empat kiri Pj Bupati HSU Zakly Aswan hadiri pembukaan MTQN


BANJARBARU -IPN- Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau yang di sapa dengan sebutan Paman Birin resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional(MTQN) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang ke - 34(XXXIV) tahun 2023 di lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru. Jum'at malam, (21/07/2023).


Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor didampingi oleh Walikota Banjarbaru H Aditya Mufti Arifin, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kakanwil Kemenag Kalsel, H M Tambrin. 

 

Turut hadir Kepala Daerah baik Walikota maupun Bupati dari 13 Kabupaten dan Kota se-Kalsel yang menyaksikan pembukaan bersama 1.327 kafilah yang siap berlomba pada 21-28 Juli 2023.


"Kita melaksanakan MTQN ini mengundang akan kerinduan kita apalagi para kafilah - kafilah yang cinta sejati nya pasti kepada Al-Qur'an Karim, " Ucap Paman Birin dalam sambutannya. 


Ia menambahkan, dalam event tersebut terkhusus untuk Banua tercinta Kalimantan Selatan adalah masyarakat yang religius dan agamis yang mana alquran hampir ada disetiap waktu dan detik bagi kaum muslimin. 






Lebih lanjut ia mengatakan, diadakannya MTQN ini tentu dalam rangka meningkatkan kecintaan kita kepada Allah SWT, kepada Rasulullah SAW dan kepada Negara. 


MTQ ke 34 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan juga merupakan bagian dari menggodok dan melatih para kafilah-kafilah qori dan Qoriah untuk bisa lebih baik lagi didalam MTQ.


"Dalam mencapai kejuaraan atau juara yang terbaik pertama, itu adalah ukiran sejarah tersendiri bagi permusabaqahan ditingkat nasional, "Imbuhnya.


"MTQN ini tentunya mempunyai makna dan momentum yang luar biasa bagi kita semua dan kami berharap ini bukan hanya sekedar adu suara yang baik dan membaca huruf yang bagus tapi lebih jauh indah daripada. Akan tetapi, agar dapat mengaplikasikan Al-Qur'an itu sendiri dalam kehidupan kita sehari-hari, "Pungkasnya.


Sementara itu, Walikota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Arifin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kota Banjarbaru sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQN pada kali ini. 


"Tentunya sebagai tuan rumah kami berharap dapat menyambut dan memberikan pelayanan kepada para kafilah dari berbagai daerah dengan baik. Dan dapat memberikan kenangan yang terbaik dalam pelaksanaan event MTQ ini, " Ungkapnya. 


Lanjut ia mengatakan, adapun tema yang diangkat yaitu, "Mari Kita Wujudkan Masyarakat Maju, Agamis, dan Sejahtera Yang Dilandasi Dengan Nilai-nilai Al-Qur'an".


Ia berharap, dengan tema tersebut dapat menjadi memicu semangat kita dan para umat islam untuk menjunjung tinggi serta tidak melupakan Al-Qur'an dalam setiap sendi-sendi kehidupan sebagai petunjuk jalan kita didunia dan akhirat. Dan hendaknya dalam menjalani hidup ini dengan selalu dilandasi oleh nilai-nilai AlQuran.


"Untuk itu mari kita jadikan event MTQN ini sebagai salah satu media untuk menebarkan syiar agama islam ditengah derasnya arus perubahan sosial dan budaya masyarakat saat ini, " Imbuhnya. 


"Semoga dalam pelaksanaan MTQN ini dapat berjalan dengan sukses tanpa adanya hambatan yang berarti. Selamat berMusabaqah kepada seluruh kafilah dan semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan petunjuknya bagi kita semua, " Pungkasnya. 


Terkait informasi bahwa pada perhelatan pada MTQN ini juga diadakan bazar dan pameran yang terdiri dari berbagai produk UMKM dari 13 Kabupaten Kota se-Kalimantan Selatan. 

Sumber: Diskominfosandi HSU dan Info Publik News



×
Berita Terbaru Update