Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab HSU Apresiasi Pelaksanaan Salat Gerhana Matahari yang Diinisiasi Kankamenag dan MUI

Thursday, April 20, 2023 | 20 April WIB Last Updated 2023-05-04T02:20:52Z

 

Sekda HSU Adi Lesmana saat sambutan dalam kegiatan Salat Gerhana di Masjid At-Taqwa Kota Amuntai


AMUNTAI-IPN- Terjadinya fenomena alam yakni gerhana matahari, disikapi oleh Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Hulu Sungai Utara bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSU dengan melaksanakan Salat Sunah Gerhana Matahari, di Masjid Raya At-Taqwa Amuntai, Kamis (20/4/2023).


Adapun bertindak sebagai khatib Ketua MUI HSU Kh Said Masrawan Lc, sedangkan Ustadz Syajaruddin sebagai imam, yang diikuti pejabat dilingkungan Pemkab HSU, unsur forkopimda, alim ulama, tokoh masyarakat, santri serta masyarakat.


Kepala KanKemenag HSU Ahmad Rusyadi mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya shalat gerhana ini untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT terlebih di penghujung bulan suci ramadhan.







Kepala KanKemenag HSU Ahmad Rusyadi

Ketua MUI HSU KH Said Masrawan Lc

"Semoga doa, amal, ibadah, puasa kita diterima oleh Allah SWT, dan banua kita HSU yang kita cintai ini selalu mendapatkan perlindungan," ucapnya.


Disisi lain Sekretaris Daerah HSU Adi Lesmana, memberikan apresiasi dan menyambut baik atas inisiasi Kankemenag HSU dengan MUI HSU dalam melaksanakan shalat gerhana kali ini.


"Kita bersyukur dengan sehat dapat berkumpul ditempat ini melaksanakan shalat gerhana bersama, tentunya kami atas nama pemerintah kabupaten HSU mengucapkan terima kasih kepada Kankemenag HSU dan MUI HSU yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," ungkapnya.


Sementara dalam khotbahnya Ketua MUI HSU Kh Said Masrawan menyampaikan, bahwa fenomena alam gerhana matahari ini merupakan bentuk kekuasaan Allah SWT sebagai sang pencipta makhluk berserta alam dan isinya.


"Jadikan peristiwa ini untuk meluruskan keyakinan kita sebagai seorang muslim, juga sebagai bagian dari tafakur kita untuk merenungi tanda-tanda kekuasaan Allah SWT dialam semesta ini," ucapnya.


Lebih lanjut ia menuturkan, agar fenomena alam gerhana matahari ini dapat disikapi dengan memperbanyak berdoa, bertakbir dan melaksanakan shalat gerhana, bersedekah serta mengerjakan bentuk-bentuk ketaatan lainnya. 


Sumber: Diskominfosandi Kab.HSU

Peliput: Putra/Yudi

Uploder: Tim




×
Berita Terbaru Update