Notification

×

Iklan

Iklan

Jamaah Muhammadiyah di Kabupaten Hulu Sungai Utara Laksanakan Salat Ied 1444 Hijriah

Friday, April 21, 2023 | 21 April WIB Last Updated 2023-04-21T03:24:56Z


Khusyuk


AMUNTAI -IPN- Ratusan jemaah Muhammadiyah di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berbondong-bondong dengan ramai mendatangi Lapangan Tenis Empu Jatmika Amuntai untuk melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah. Jum'at, (21/04/2023). 


Berlaku sebagai imam sekaligus khotib, Ustadz. H. Muhammad Azhar Fitri selaku Imam Masjid Al Jihad Banjarmasin.


Dalam khutbahnya, Ust. H. Muhammad Azhar Fitri mengatakan, makna Idul Fitri yang tersebar di masyarakat umum, artinya adalah kembali suci. Maksudnya kembali suci tanpa dosa seperti bayi yang baru lahir.


Ia menegaskan, makna tersebut tidak tepat. Karena makna Idul Fitri adalah kembali berbuka bukan kembali suci. 


Ia menambahkan, keyakinan bahwa semua orang yang menjalankan puasa ramadhan, dosanya diampuni dan menjadi suci, maka sama saja dengan memastikan bahwa seluruh amal puasa kaum muslimin telah diterima oleh Allah, dan menjadi kaffarah (penghapus) terhadap semua dosa yang mereka lakukan, baik dosa besar maupun dosa kecil.


"Padahal tidak ada orang yang bisa memastikan hal tersebut, karena tidak ada satupun makhluk yang tahu apakah amalnya diterima oleh allah atau tidak, " Imbuhnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, yang perlu dilakukan terhadap amal soleh yang telah dikerjakan dibulan ramadhan adalah berdoa kepada Allah, agar Allah menerima amal ibadah kita.





Yang kedua, Memohon ampun pada Allah atas segala dosa dan kekurangan, baik ucapan, tindakan atau perbuatan selama bulan Ramadhan. 


Ketiga, terus beramal soleh setelah ramadhan berlalu, karena kita adalah hamba Allah, bukan hamba Ramadhan. Hamba Allah akan selalu beribadah pada Allah sampai almaut menghampirinya. 


"Mudah-mudahan ramadhan yang telah kita temui, amal kita semua didalamnya di diterima oleh Allah, dilipatgandakan balasannya, dan kita dinobatkan menjadi hamba yang bertaqwa pada-Nya, sehingga kita menjadi manusia yang Mulia di Sisi-Nya, " Pungkasnya. 

Sumber: Diskominfosandi untuk Info Publik News

Penulis: Akbar/Ihsan/Kominfo

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update