Pengajian Santri dan Tamping Bersama dengan Kasiminkamtib Lapas Amuntai


Religius


AMUNTAI -IPN- Warga binaan pemasyarakatan yang sudah mengikuti pelatihan salah satu program pembinaan keagamaan Lembaga pemasyarakatan kelas IIB Amuntai yang berkerjasama dengan kemenag daerah, maka dari itu mereka sudah dikatagorikan sebagai santri. 


Pengajian tersebut digelar secara rutin setiap hari, khusus tamping dan santri dijadwal setiap pagi weekend, sebagai ajang pembinaan spiritual dan penguatan wawasan kebangsaan santri dan tamping. Kegiatan dimulai dengan membaca surat yasin, lalu dilanjutkan syair maulid habsyi lalu diisi pencerahan dalam penyampaian materi.


Walaupun digelar dengan sederhana akan tetapi santri dan tamping sangat antusias dalam mendengarkanya, banyaknya pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka.

Kali ini berkesempatan menyampaikan/ pemberi materi ceramah  Bapak Kasiminkamtib dilaksanakan masjid At-Taubah Lapas Amuntai.

Dalam pengajian terdapat manfaat positif yang begitu besar, spiritual diri ataupun menambah ilmu pengetahuan lain yang belum banyak diketahui oleh tamping dan santri serta membentuk kesadaran agar melakukan hal-hal positif.


Kasiminkamtib menyampaikan, dengan adanya pengajian rutin ini sebagai pembinaan kepribadian Warga Binaan serta mendorong terwujudnya revolusi mental tidak hanya meningkatkan ketaqwaan dan keimanan tetapi sebagai bekal/pondasi mereka bebas nanti dilingkungan masyarakat. 




 Sementara itu Bagi santri dan tamping kegiatan ini juga menjadi salah satu unsur penilaian bagi saudara sekalian, dalam pemberian hak-hak. Adanya UU No.22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan, perubahan perilaku dan keaktifan saudara dalam mengikuti program-program pembinaan, menjadi penentu pemberian hak-hak saudara baik itu remisi, asimilasi, maupun integrasi.ungkap Robbyannor.


Sementara itu, salah satu santri yang mengikuti pengajian, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kami saat kami nanti bebas.


“Kita Berterimakasih kepada para petugas lapas Amuntai yang terus berupaya memberikan kita pembinaan untuk menjadikan diri kita lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya



Sumber: Humas Lapas Kelas IIB Amuntai

Uploder: Tim

No comments

Powered by Blogger.