Panen Hasil Pertanian Pj Bupati Kab.HSU Ajak Warga Kreatif Manfaat Lahan untuk Kegiatan Ekonomi Hadapi Inflasi


Pj Bupati HSU (tiga kiri) saat panen hasil pertanian di Kecamatan Amuntai Utara. 


AMUNTAI -IPN- Didominasi lahan rawa, menjadi tantangan tersendiri bagi petani Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk berinovasi dan tetap memiliki peluang besar dalam pengembangan potensi holtikultura di daerah ini. 


Tergabung dalam kelompok tani Sari Mulia, warga Desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara sukses mengembangkan varietas tanaman diantaranya cabe rawit, cabe merah besar, terong, nanas, semangka, rambutan, durian, jambu kristal, anggur, bawang merah, pisang, nangka, melon, kelingking, labu, dan lain-lain. 


Penjabat (Pj) Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, M.Pd tertarik melihat langsung kondisi pertanian, Selasa (3/1). 


Menurut R. Suria ini aktivitas pertanian ini tepat sekali terutama dalam rangka persiapan menghadapi inflasi, kita harus kreatif dan bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan perekonomian.


Pj. Bupati HSU siap mendukung segala kegiatan pengembangan kawasan pertanian di HSU, salah satunya dengan Agrowisata, perpaduan antara pariwisata dan pertanian, diharapkan dengan cara ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani, menjadi tempat destinasi yang menarik bagi masyarakat sekaligus belajar tentang perkebunan. 


"Senang sekali bisa melihat langsung perkebunan di HSU sekaligus memetik dan merasakan hasil kebun yang masih segar, ini adalah potensi yang menarik untuk digarap dan dikembangkan menjadi miniatur dataran tinggi yang unik di kota Amuntai" ungkap Suria


Plt. Kepala Disporapar HSU Asikin Noor dalam laporannya mengatakan saat ini Disporapar HSU bersama Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan tengah fokus untuk pengembangan wisata air yang ada di Pulau Sambujur Kecamatan Paminggir dan untuk wisata lain yang ada di HSU. 








Disporapar juga akan tetap mendukung dengan melakukan koordinasi dengan kepala desa dan masyarakat dengan membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Pokdarwis dibentuk tidak hanya dari satu desa tapi bisa beberapa desa yang berdekatan, sebagai contoh Pokdarwis Swargaloka yang ada di Kecamatan Haur Gading. 


"Karena tujuan kita mengembangkan wisata adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar spot wisata tersebut" ujarnya


Fahrul salah seorang petani mengatakan dirinya berani memilih untuk bertani holtikultura karena potensi tanah sangat mendukung sekali bercocok tanam


Fahrul berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam hal ini Dinas Pertanian HSU yang telah banyak memberikan dukungan bibit maupun alat untuk pertanian. Sehingga proses bercocok tanam bisa berjalan dengan lancar dan  bisa terus ditingkatkan. 


"Kami berharap akses jalan menuju tempat kami bisa lebih dimantapkan lagi, agar kedepannya bisa dikembangkan jadi semacam agrowisata" pinta Fahrul. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari, Plt. Asisten Bid. Perekonomian dan Pembangunan Syaifullah, S.Sos, M.Si, Plt. Asisten Bid. Pemerintah dan Kesra H. Adi Lesmana, S.Sos, M.Si, Plt. Camat Amuntai Utara, Kepala Dinas Pertanian HSU serta jajaran Dinas Pertanian dan penyuluh pertanian. 


Sumber: Prokopim HSU untuk Info Publik News

Penulis: Ami

Uploder: Tim

No comments

Powered by Blogger.