Disdikbud Kab.HSU Perdana Gelar Wisuda Tahfidz Al-Quran - INFO PUBLIK NEWS

Saturday, March 26, 2022

Disdikbud Kab.HSU Perdana Gelar Wisuda Tahfidz Al-Quran


Kabid SMP Disdikbud HSU Ahadi Ilhami saat menyerahkan piagam Wisuda Program Thafidz Al-quran perdana tingkat SMP.


AMUNTAI - Saat ini tidak hanya sekolah berlatar sekolah Islam yang mampu melaksanakan kegiatan Tahfidz Al-quran. Sebab Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara, mampu membuktikan sekolah umum dapat mencetak generasi Qurani.

Sabtu (26/3) tadi, bertempat di Aula Disdikbud HSU, sebanyak 81 siswa maupun siswi di tingkat SMP, mengikuti prosesi Wisuda Tahfidz Al-quran, perdana. Kegiatan ini merupakan hasil nyata kerjasama Sekolah Tinggi Ilmu Al-quran (STIQ) Amuntai dan Bidang SMP Disdikbud Kabupaten HSU.

Tema yang diusung pada Wisuda Tahfidz tersebut yakni 'Semangat Qurani Mari Wujudkan Generasi Muda Cinta Al-quran dan Sunnah sebagai Pedoman Hidup'. 

Kabid SMP Disdikbud HSU Ahadi Ilhami mengatakan kegiatan Tahfidz Al-quran ini merupakan bentuk pembinaan pada sekolah pemerintah dalam mewujudkan generasi Al-quran.

Program ini juga bertujuan membentuk karakter siswa/siswa di sekolah umum yang saat ini masih dipandang untuk pendidikan agama dinilai masih kurang.





"Wisuda perdana ini ada 81 orang pelajar terdiri, 20 orang laki-laki dan 60 orang perempuan. Untuk hafidz 5 Juz 1 orang, hafidz 3 juz 1 orang, hafidz 2 juz 9 orang dan untuk hafiz pada juz 30 ada 69 orang," sampai Ahadi di sela kegiatan.

Sementara itu, Kepala Disdikbud HSU H Jumadi mengapresiasi dan bangga atas terlaksananya wisuda tahfidz perdana untuk tingkat SMP.

"Tahfidz ini merupakan program unggulan dari dinas kami dengan menggandeng STIQ Amuntai dalam pembelajaran tahsin dan tahfidz pada pelajar SMP di HSU," sampainya.

Terakhir Jumadi berharap agar siswa yang telah diwisuda untuk tetap menjaga hafalan quran dengan baik, jangan puas sampai disini. Tetap belajar dan belajar, sebab Al-quran merupakan pedoman hidup. Khususnya pada orang tua, untuk tetap menjaga anaknya dengan baik.

Sebelumnya Ketua Pusat Pengembangan Tahfidz Qur'an STIQ Amuntai Hj Siti Rafiqah, mengaku haru dan senang atas terlaksananya wisuda ini.

"Kegiatan wisuda tahfidz siswa sekolah menengah pertama ini, adalah yang pertama kali kita laksanakan di Kabupaten HSU, bahkan bisa jadi ini yang pertama kali di Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Siti Rafiqah juga mengucapkan terimakasih pada Disdikbud HSU, yang telah mempercayakan pembinaan anak didiknya pada tahsin dan tahfidz kepada STIQ Amuntai.

"Program ini memberikan manfaat bagi mahasiswa/mahasiswi untuk mengembangkan ilmu yang telah didapat di STIQ Amuntai," pungkasnya. Hadir juga sebagai Ketua Penyelenggaraan Wisuda Tahfidz Al-quran ini yakni Ustadz M. Sihabudin.


Sumber: Info Publik News

Penulis: Mat

Uploder:Tim

Comments