-->

Dosen Poltekkes Mamuju Edukasi ISK pada Kader Lingkungan Tambi


Progam Edukasi Kemasyarakatan dari Poltekes Mamuju


MAMUJU-IPN- Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, di masa pandemi covid-19 ini tidak menyurutkan semangat tim pengabdian masyarakat dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju untuk terus mengedukasi masyarakat. Kali ini mereka memilih lingkungan Tambi Kelurahan Mamunyu Kecamatan Mamuju sebagai sasaran pedidikan kesehatan kader tentang Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada ibu hamil.

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat; menggunakan masker, menjaga jarak serta para peserta dibekali dengan masker cadangan dan hand sanitizer.

Setelah dikonfirmasi awak media, Ketua Tim Kegiatan Pengabmas ini, Ashriady, SKM., M.Kes membeberkan bahwa salah satu alasan pemilihan lokasi tempat adalah sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

Menurutnya bahwa telah dilakukan pengambilan sampel urine ibu hamil di tempat ini kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium di Kampus Poltekkes Mamuju.




Salah satu dosen tetap jurusan kebidanan ini juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang penting dari kegiatan ini adalah bagaimana memberikan edukasi kepada kader terkait ISK ini. Setelah kegiatan edukasi ini diharapkan para kader menularkan informasi ini kepada Ibu-Ibu Hamil di Wilayah Kerja Pustu Tambi. 

Hal senada juga disampaikan Abbas Mahmud, S.Si., Apt., M.Kes bahwa berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan infeksi bakteri dengan jenis gram negatif (batang) dan gram positif (bulat) pada beberapa sampel urine di Kabupaten Mamuju.

Beliau menekankan tentang pentingnya menjaga kebiasaan cuci tangan pakai sabun agar bakteri tidak mudah masuk apalagi di masa pandemi seperti ini, penyakit yang diakibatkan oleh mikroorganisme sangat mudah terjadi. 

Sementara itu, anggota tim pengabdi yang lainnya yaitu Nurdiana, S.ST., M.Kes menekankan tentang bagaimana risiko kejadian ISK pada Ibu Hamil.

Bidan senior ini mengingatkan bahwa kondisi ibu hamil yang selalu ingin buang air kecil karena kondisi janin ibu yang menekan kandung kemih, menurutnya dengan kondisi inilah maka pakaian dalam ibu hamil betul-betul harus terjaga kebersihannya agar tidak memudahkan terjadinya infeksi bakteri.

Kegiatan pengabmas ini rencananya akan dilanjutkan dengan pendampingan kader dalam memberikan edukasi kepada Ibu-Ibu Hamil di Wilayah Kerja Pustu Tambi.


Pihak pustu sangat mengapresiasi kegiatan dari dosen Jurusan Kebidanan Poltekes Mamuju ini, hal tersebut disampaikan Kepala Pustu Tambi, Junusiah, S.Kep., Ns yang terlihat antusias ikut mendampingi kader dalam kegiatan ini.


Sumber: Rilis Poltekes Mamuju untuk Info Publik News

Editor: Del

Uploder: Tim

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment