-->

MATERI GEOGRAFI KELAS X BAB 1 PENGERTIAN GEOGRAFI

#BelajarDariRumah #GEOGRAFI #KelasX #PengertianGeografi
Pada tulisan ini redaksi Info Publik News menyajikan meteri pembelajaran GEOGRAFI  Kelas X Semester Ganjil .  Hal ini bertujuan untuk membantu tenaga pendidik dan siswa dalam proses mencari bahan materi pelajaran secara online saat proses Belajar Dari Rumah. 

Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geographya. 

Dimana geo berarti bumi dan graphein berarti tulisan, uraian, atau deskripsi.
Geografi sebagai sebuah bidang kajian dikenal dengan berbagai istilah.

Jika ditelaah dari kata asal geografi tersebut, maka geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menuliskan, menguraikan, atau mendeskripsikan hal-hal yang berhubungan dengan bumi.


Selama perkembangannya, ilmu geografi banyak didefinisikan oleh para ahli geografi. Berikut beberapa ahli yang mendefisnisikan geografi, diantaranya:


1.  Erastothenes


Geografi adalah penulisan tentang bumi. 

2. Claudius Ptolomaeus 


Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

3. ALEXANDER VON HUMBOLT
  


Mengemukakan bahwa geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Ia menjelaskan bagaimana kaitan bumi dengan matahari dan perilaku bumi dalam ruang angkasa, gejala cuaca dan iklim dunia, tipe-tipe permukaan bumi dan proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan  hidrosfer. 

4. ARMIN K LOBECK



Geografi merupakan suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya

5.  PROF. DRS.H. R BINTARTO



Mengatakan bahwa geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan. 

6. N DALDJOENI


Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi dan region (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka bumi. Dalam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu  beradaptasi dengan lingkungannya. Dalam hal region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya. 

7. FERDINAND VON RICHTHOVEN



Dalam kuliah-kuliahnya pada tahun 1833 telah merumuskan definisi yang pertama kali membatasi pengertian geografi hanya pada permukaan bumi 

8. CARL RITTER

Mengatakan bahwa geografi adalah ilmu tentang daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi dalam keragamannya. 

9. RICHARD HARTSHORNE
 


Geografi adalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel permukaan bumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. 

10. HASIL SEMINAR DAN LOKAKARYA IKATAN GEOGRAFI INDONESIA (IGI) DI SEMARANG (1988) 
Menyarankan bahwa definisi geografi yaitu sebagai suatu ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. 

11. YEATES 
Mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat beraneka ragam di permukaan bumi.

Dari beberapa pendapat para ahli tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang gejala dan kehidupan di muka bumi serta interaksi manusia di lingkungannya dalam kaitannya dengan hubungan atau susunan keruangan dan kewilayahan.

Tags :

bm
Created by: Info Publik News

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment