Notification

×

Iklan

Iklan

Momen 68 Tahun HSU, Buat Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Kagum

Friday, May 01, 2020 | 01 May WIB Last Updated 2020-05-01T10:26:29Z


Foto bersama



AMUNTAI - Info Publik News - Enam puluh delapan tahun sudah usia Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jumat (01/05/ 2020) Kabupaten Hulu Sungai Utara merayakan hari jadinya.

Akan tetapi perayaan hari jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya yang selalu dilaksanakan meriah. Pasalnya perayaan Hari Jadi ke-68 ini dilaksanakan ditengah adanya wabah pandemi Covid-19.

Sehingga perayaan dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mematuhi aturan dari pemerintah, tidak mengumpulkan orang banyak dan dengan menerapkan physical distancing, serta menggunakan masker sesuai dengan kebijakan dari pemerintah.

Meski digelar sederhana dan hanya diikuti beberapa pejabat Forkopimda upacara di Mess Bupati tersebut berlangsung khidmat. Dengan mengenakan baju sasirangan asli Kalimantan Selatan, peserta upacara tetap menerapkan jaga jarak sekitar satu meter dalam barisan. Hal itu sebagai protokol upaya mencegah penyebaran Covid-19.

"Peringatan hari jadi ke-68 Kabupaten Hulu Sungai Utara secara sederhana tetap dilaksanakan dalam suasana di tengah situasi pandemi Covid-19 namun tetap memperhatikan dan mengindahkan protap pencegahan Covid-19.

Hal ini semata-mata sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT atas berbagai limpahan nikmat karunia dan rahmatnya bagi banua dan masyarakat Hulu Sungai Utara" tutur Bupati HSU dalam sambutannya.

Sedangkan kegiatan lain yang biasanya menjadi rangkaian peringatan hari jadi, seperti pameran atau expo,dan lainnya untuk sementara ditiadakan.

Perayaan hari jadi ke-68 ini dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars HSU MANTAP, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan doa serta pembacaan sejarah singkat yang dibacakan oleh Ketua DPRD Hulu Sungai Utara Almien Ashar Safari, S. Km. Acara berlanjut dengan sambutan Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M. Si dan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Dalam sambutannya Wahid juga menjabarkan beberapa keberhasilan dan penghargaan dari pemerintah pusat yang telah diraih selama tahun 2019. Selain itu juga dalam acara puncak hari jadi ke-68 ini juga dilaksanakan penandatangan Prasasti Peresmian Proyek oleh Bupati Hulu Sungai Utara yang merupakan hasil dari pembangunan yang telah terealisasikan yaitu diantaranya adalah pembangunan Puskesmas Haur Gading, pembangunaan Jembatan Bili Teluk Limbung, dan pembangunan Jembatan Bili Jingah Bujur.



Gubernur Kalsel sampaikan ucapan selamat Harjad Kabupaten HSU ke 68 tahun lewat Teleconference.


"Berbagai keberhasilan dan progres pembangunan yang telah kita raih dan realisasikan tentunya akan kita jadikan modal untuk terus melanjutkan pembangunan dengan melakukan terobosan dan inovasi baru dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat" pungkasnya.

Berbicara tentang musibah atau bencana non alam Covid-19 ini Bupati HSU ini juga menginformasikan gambaran dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara menyiapkan anggaran sebesar 200 miliar rupiah. Anggaran ini akan diambil dari pergeseran anggaran dana belanja barang dan jasa, perjalanan dinas dan pembangunan fisik. Dana 200 miliar ini nantinya akan digunakan untuk 3 program,yaitu pertama untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19, kedua untuk pemberian bantuan sosial dan ketiga adalah untuk menstabilkan ekonomi di tengah masyarakat.

"Saat ini tingkat penyebarannya masih sangat mengkhawatirkan dan membahayakan bagi kehidupan kita. Sehingga dukungan kekompakan dan kerjasama harus terus kita galakkan dan tingkatkan kita harus bersatu menjaga diri kita keluarga kita dan lingkungan kita kita harus bersatu padu melawan dan mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara" Wahid menyampaikan harapannya.

"meskipun dalam suasana pandemi virus corona yang masih terjadi pada saat ini, kepada bupati, seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat kabupaten Hulu Sungai Utara saya ucapkan selamat hari jadi yang ke 68"ucap paman birin melalui video teleconfirence.

Sekalipun dalam suasana yang berbeda semoga peringatan hari jadi ini tetap bermakna bisa memberikan motivasi dan inspirasi lapisan masyarakat untuk terus melangkah maju dalam meningkatkan pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat

Saya kagum dan bangga di usia yang ke 68 ini kabupaten Hulu Sungai Utara telah menampakkan keberhasilan pembangunan diberbagai bidang, pembangunan inspratruktur , pendidikan, kesehatan, dan pembangunan ekonomi mendapat perhatian yang sangat besar oleh pemerintah daerah, pelayanan publik yang semakin baik serta peningkatan kesejahteraan rakyat yang terus menjadi perhatian kita semua. Lebih istimewa lagi di tengah pandemi virus corona yang menyerbar begitu cepat kabupaten Hulu Sungai Utara mampu melakukan pencegahan dengan baik, dimana keberhasilan mencegah virus corona ini membuktikan kedisiplinan, ke gotong royongan, kepedulian, dan kesadaran pemerintah bersama rakyat di hulu sungai utara dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang sama sama dihadapi seluruh bangsa pada hari ini, ini juga membuktikan kebersamaan pemerintah dan rakyat Hulu Sungai Utara dalam menjaga kondisi daerah agar tetap kondisif dan stabil saya sangat berharap rasa memiliki daerah dari seluruh komponen di kabupaten Hulu Sungai Utara yang di wujudkan dalam kedisiplinan kegotong royongan kepedulian dan kesadaran akan abadi menjadi satu atau menyatu dalam seluruh sendi sendi kehidupan kita karena bagaimanapun perjuangan kita masih panjang untuk memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat kita.


sodara yang saya cintai saya mengajak kepada seluruh rakyat yang ada di Hulu Sungai Utara untuk terus membangun optimisme tingkatkan peran aktif sodara sodara dalam membangun daerah jaga semangat gotong royong maksimalkan seluruh potensi dan sumberdaya yang ada untuk kemajuan Hulu Sungai Utara, kepada Jajaran pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara saya berpesan tingkatkan selalu pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan jaga keselarasan pembangunan dengan kelestarian lingkungan, dan juga inshaallah jika seluruh stikholder di kabupaten Hulu Sungai Utara bergerak bersama sama berkolaborasi dalam membangun daerah maka kabupaten Hulu Sungai Utara senantiasa mendapatakn berkah kemakmuran, berkah kedamaian, dan untuk seluruh aspek kehidupan.
Ungkap Paman Birin dalam sambutannya.

Kemudian acara berakhir dengan Dialog Bupati dengan masyarakat secara Online.

(Diskominfo/ Ikhsan)


×
Berita Terbaru Update