Unik, Warga Paminggir Meriahkan Kemerdekaan Gelar Lomba Tangkap Ikan

Kebersamaan dalam bingkai Kemerdekaan RI ke 74 di Kecamatan Paminggir. 



Paminggir - Info Publik News - Berbagai lomba diadakan warga masyarakat dalam memeriahkan ataupun menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun. Balap karung ataupun panjang pinang menjadi hal biasa, tapi berbeda dengan lomba yang adakan warga masyarakat di Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

Usai melaksanakannya Upacara Bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, warga yang diKomandoi tokoh masyarakat Juniansyah yang juga penyelenggara kegiatan lomba Bagagap Iwan Pakai Tangan (tangkap ikan) menjadi ciri warga diujung HSU tersebut, dimana berprofesi sebagai nelayan. 

"Kami gelar lomba ini. Selain memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun. Juga mempertahankan tradisi menangkap ikan pakai tangan dan alat tradisional," kata Purnawirawan TNI tersebut. 

Misi tentu ada, dimana mengajarkan nelayan atau peserta lomba untuk menangkap ikan dengan cara yang legal bukan ilegal menggunakan alat tangkap setrum yang berbahaya bagi populasi ikan maupun warga itu sendiri. "Harapan dengan momen Kemerdekaan ini. Nelayan tangkap merdeka dari kegiatan illegal fishing," kata Jun sapaan akrabnya kemarin.

Camat Paminggir Hanafiah menyambut baik dan positif kegiatan ini. Ini bahkan menjadi lomba yang cukup unik. Disamping ada pesan Edukasi juga mempertahankan bahwa warga atau nelayan Paminggir menolak aktivitas ilegal fishing dan tetap mempertahankan tradisi nelayan yang ramah lingkungan. "Kegiatan ini harus tetap dilaksanakan pada Event berikut," sebut Hanafiah. 

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni perwakilan PT Adaro Indonesia, Pospol Paminggir dan Posramil Paminggir. (*) 


Sumber : Info Publik News 
Penulis : Del
Editor : Del 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Unik, Warga Paminggir Meriahkan Kemerdekaan Gelar Lomba Tangkap Ikan "

Post a Comment