Dikerjai Wasit Darma Santoso , Barito Putera Terjungkal Di Makassar

Barito Putera – Info Publik News. Buruknya kinerja wasit Darma Santoso Gulo yang memimpin laga PSM Makassar vs Barito Putera membuat tim tamu harus takluk  2-1 dalam pekan 14 Shopee Liga 1  di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (14/08/19) sore.

Wasit asal Sumatera Utara  tersebut dipenghujung babak pertama menganulir gol bersih Rafael Silva yang berlari melewati pemain belakang PSM untuk menyambut bola dari Yacob Sayuri yang dianggap telah offide .

Padahal posisi Yacob saat menerima umpan tendangan bebas dari tengah lapangan sedang berada didepan pemain belakang PSM.


Alhasil  saat gol tercipta  , kiper dan pemain PSM terlihat sudah terduduk  pasrah dan penonton terdiam.

Drama pun berlanjut saat Darma Santoso menghadiahkan penalti untuk tuan rumah dengan menganggap Andri Ibo melanggar keras pemain yang baru masuk , Bayu Gatra dimenit 73.

Andri Ibo yang sukses menyapu bola keluar lapangan dianggap melanggar Bayu Gatra yang bekerjasama satu dua dengan Ferdinand Sinaga dan terjatuh dikotak pinalti. 

Tak hanya disitu  Rafael Silva dikartu merah pada masa perpanjangan waktu babak kedua setelah kedapatan oleh wasit cadangan menjatuhkan Abdul Rahman saat PSM Makassar tengah melakukan serangan ke gawang Barito Putera.

Sebelum insiden ini , Pelatih Barito Putera  Yunan Helmi yang sebelumnya kecewa dengan pinalti PSM sempat   melakukan protes keras kepada wasit cadangan .

Yunan Helmi terlihat murka dengan sejumlah keputusan wasit dan sempat beberapa kali terlibat adu mulut dengan pengadil di lapangan.

Puncaknya saat Rafael da Silva diberi kartu merah, Yunan nampak mencak-mencak dan berusaha mengejar wasit. Beruntung, sejumlah ofisial dan pemain dari Barito berupaya menengahinya. Insiden ini sempat membuat laga dihentikan beberapa menit sebelum memasuki injury time.

Aksi Yunan  memantik reaksi dari anak asuhnya ,  Rizky Pora yang turut tersulut emosinya hingga melakukan tindakan tak terpuji dengan mendorong Bayu Gatra yang kemudian beracting terjatuh kesakitan .  

Dalam laga ini gol PSM dicetak Asnawi Mangkualam dimenit 60. Memaksimalkan kelalaian bek Barito, Asnawi mengarahkan bola kearahkan ke kotak penalti dan membentur Donny Monim dan  masuk ke gawang Barito. Tiga menit kemudian Lucas Silva sukses menyamakan skor menjadi 1-1 hingga akhirnya  pinalti kontroversial Marc Klok menjadi gol penentu kemenangan Pasukan Ramang.

Dengan hasil ini  PSM Makassar kini berada di posisi 10 klasemen sementara dengan nilai 16 dengan hanya masih melakoni sembilan laga. Sedangkan Barito Putera masih tertahan di posisi 14 dengan poin 12.

Susunan Pemain:
PSM Makassar:
20-Rivky Mokodompit; 14-Asnawi Mangkualam, 28-Abdul Rahman, 15-Hasim Kipuw, 32-Beny Wahyudi, 10-Marc Klok, 48-M Arfan, 80-Wiljan Pluim, 7-Zulham Zamrun, 11-M Rahmat, 6-Ferdinand Sinaga
Pelatih: Darie Kalezic 

Barito Putera:
20-Aditya Harlan; 18-Andri Ibo, 55-Dendi Maulana, 47-Donny Monim, 4-Lucas, 5-Rony B, 13-Bayu Pradana, 18-Gavin Kwan, 17-Paulo Sitanggang, 10-Rafael da Silva, 11-Sayuri
Pelatih: Yunan Hilmi


Editor : Paulo




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dikerjai Wasit Darma Santoso , Barito Putera Terjungkal Di Makassar"

Post a Comment