Api Hampir Lalap RS Pambalah Batung

Amuntai - Info Publik News. Karyawan  RS Pambalah Batung sempat panik  saat melihat gumpalan  asap dan kobaran api disalah satu bangunan, Minggu (28/07/2019). 

Beruntung  kepanikan tersebut hampir tidak diketahui para pasien dan keluarga yang menunggu karena dengan sikap Tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Rumah Sakit mengerahkan Alat Pemadam Ringan (Apar)  dan selang pemadam dengan cepat dipasang pada hidran yang tersedia dibeberapa titik sehingga bencana kebakaran tidak terjadi. 


Salah satu anggota Tim ,  Sri warni mengaku sempat kewalahan membawa Apar yang cukup berat kearah sumber api terlebih saat digunakan menimbulkan asap yang banyak dan membuat pusing. 

Tetapi dengan penuh tanggung jawab dan semangat dia dengan sukses menjalankan tugas memadamkan  sumber api.

Hal diatas merupakan gambaran simulasi terkait penanganan bencana kebakaran yang kapan saja terjadi dalam  " In House Training Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Penanggulangan Bencana di Rumah Sakit" yang dilakukan oleh Tim K3RS, sub Kepegawaian dan Diklat RSUD Pambalah Batung Amuntai yang bekerjasama dengan Perhimpunan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pusat yang berlangsung 2 hari.

Ahli K3 dari RS Umum Pusat Fatmawati Jakarta sekaligus narasumber ,  Ali Syahrul  berharap  selama simulasi berlangsung dapat didokumentasikan untuk bahan pembelajaran  yang  bisa dijadikan acuan untuk penanggulangan bencana. 

" Pembelajaran ini tidak hanya untuk para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan tetapi juga untuk seluruh karyawan yang bekerja di rumah sakit," ingatnya.

Ali juga berharap apa yang disampaikannya juga  menjadi pengetahuan khususnya manajemen dan fasilitas keselamatan, serta dapat disampaikan kepada para rekan lainnya yang berada disatukan kerja masing-masing.

Sedangkan Kasubag Pegawaian dan Diklat RSUD PB Amuntai, Munjirurahman berharap  segala kekurangan selama gelaran Diklat K3 dan simulasi penanggulangan bencana menjadi bahan evaluasi perbaikan kedepannya.

" Hasil kegiatan ini dapat menjadi bahan kebijakan dan langkah-langkah selanjutnya dalam hal penanggulangan bencana dirumah sakit, karena poin-poin yang telah dilaksanakan selama kegiatan, masih banyak yang perlu di koreksi dan harus disesuaikan dengan hasil simulasi," harapnya

Ditambahkannya ,  berkat simulasi yang digelar ini bisa melihat secara nyata bahwa banyak hal yang mukin dapat ditimbulkannya sehingga diharapkan dapat meminimalisir segala dampak negatif yang ditimbulkannya.

Sumber : Diskominfo
Editor : Paulo

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Api Hampir Lalap RS Pambalah Batung"

Post a Comment