Notification

×

Iklan

Iklan

Memurnikan Sakit Berbekal Tauhid

Saturday, June 22, 2019 | 22 June WIB Last Updated 2023-01-09T04:15:28Z

Oleh Kadarisman
Konsultan PFH Healing SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique)
Pada Rumah Quran Yayasan Abulyatama Tabalong


Salah satu sunatullah bagi manusia adalah sakit. Siapapun yang pernah merasakan hidup, berjumpalah dia dengan sakit. Berjumpa juga dia dengan musibah. Berjumpa dia dengan getir kehidupan. Bangun dan jatuh adalah fitrah. Dan  sejatinya sakit adalah medium Allah SWT menyampaikan hikmah, agar manusia tidak terperosok sebagaimana Fir'aun di dalam keingkaran. Fir'aun manusia yang mengaku Tuhan, oleh sebab dia tak pernah sakit seperti kita.  Ingat kata Fir'aun sebagaimana diabadikan di Al Qur'an: “Akulah tuhan tertinggi kalian!” (QS. An Nazi’at: 24)

Itulah sebab jika Allah menimpakan sakit, bersyukurlah Allah telah menyematkan kita dari kesesatan tauhid. Bila sakit, Allah sayang akan kita. Dalam surah Al An'am: 42 bagaimana Allah menyertakan derita dan siksa di dalam kehidupan manusia agar mereka kemudian bermohon kepada Allah dengan tunduk dan merendahkan diri.

Banyak dari kita yang gagah ini lupa hakikat kenapa dia semula diciptakan. Kita lupa siapa kita, untuk apa kita ada, dari mana kita berasal dan kemana kita kembali. Kita lupa. Maka sakit kemudian menjadi obat bagi jiwa untuk kembali kepada dirinya yang hakiki.  Jadilah orang yang sakit itu lebih mengingat Allah ketimbang ketika dia sehat . Ucapan lisannya berucap selalu nama-nama Allah. Lantunan istighfar mengalun lembut. Diresapinya deritanya. Diterimanya sakit itu. Dinikmatinya, hingga terkembang senyumannya:  Allah, Alhamdulillah.

Orang yang sakit mesti memurnikan sakitnya dari hal yang mendistorsi  ketauhidannya. Tauhid kumudian menjadi solusi terefektif mengembalikan keseimbangan hormon tubuh untuk bekerja secara normal kembali. Sakit apapun yang menimpa manusia tiada bukan dan tiada lain atas kehendak dan izin Allah. Jin dan manusia dan apapun tak memiliki kekuasaan untuk memberikan mudorat atau pun manfaat

Ingat kata Allah: “Katakanlah (Muhammad), ‘Tidak akan menimpa kami kecuali apa yang telah Allah tetapkan untuk kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang beriman harus bertawakal.’” (QS. At Taubah: 51).

Tak ada sakit itu oleh karena siapapun. Allah lah yang punya otoritas dalam hal ini. Namun demikian, sakit yang Allah tetapkan kepada manusia lebih disebabkan pilihan manusia itu sendiri. Di dalam Asyura: 30, dijelaskan tiap musibah yang manusia dapati itu karena buah tangannya sendiri. Artinya disebabkan oleh buah pikiran atau emosi, buah perasaan dan buah perbuatannya.

Memurnikan sakit menjadi penting. Memurnikan sakit berarti memurnikan pemahaman, sekaligus memurnikan tauhid. Menjauhkan diri dari pikiran dan energi yang negatif, sakwasangka, dan kultus yang jadi penyebab Allah menjauh.  Firman, Allah, jika Dia sangatlah dekat. Lebih dekat dari urat leher itu sendiri. Berdoalah padaNya, niscaya Dia kabulkan. Pertanyaanya sudahkah kita merasa ada Allah di tiap detak jantung dan aliran darah kita?  Hadirkan Allah, dan berdoalah.

Waidza maridto fahuwa yasyfiin: jika aku sakit, Dialah yg menyembuhkan.

Lalu bagaimana dengan memurnikan sakit dan tauhid kesembuhan itu bisa bekerja lebih cepat? Bagaimana Dia (Allah) menyembuhkan? Bukankah kalau sakit harus dikasih obat, pergi ke dokter supaya bisa sembuh?  Total bertauhid adalah solusi penyembuh seketika. Jika saya kupas secara tauhid tak cukup selembar dua. Saya ingin mulai dari hal yang sederhana.

Kita akan  berangkat dari aspek fenomena neurologis, cabang pengetahuan yang mengupas sistem syaraf dan cara kerja otak manusia. Bagaimana hakikat sakit itu ada dan kemudian dapat ditiadakan.

Rasa sakit yang kita kenal adalah dampak dari konsekuensi sesuatu yang bersifat lokal: Terbentur sakit, tergores sakit, disuntik sakit, diputusin pacar sakit, ditangkap KPK sakit dll. Ada banyak orang mengalami hal serupa tapi  tak sama takaran sakitnya. Berbeda. Bahkan ada yg tak merasa sakit.

Dalam terminologi kedokteran ada istilah Nosisepsi atau nosiseptor. Dia adalah sel sel tertentu yg bertugas mendeteksi rangsangan berbahaya utk dikirim ke otak. Otoritas bahwa sesuatu itu sakit atau tidak sakit ada pada otak, bukan pada fisik yang terpapar asal sakit. Jadi di sinilah rahasia Allah itu bekerja.

"Afala ta'qilun, afala tatafakkatun": apakah kamu tidak menggunakan akalmu, apakah kamu tidak memikirkannya, kata Allah di dalam Al Quran.

Kenalilah dirimu, agar kau mengenal Dia Sang Khalik yang menciptakanmu. Otak manusia adalah kendali aentral atas seluruh organ dan psikis manusia. Semakin besar penentangan manusia atas setiap kejadian yang telah Allah taqdirkan, semakin payah yang ia dapati. Allah telah mengajarkan bagaimana hidup dilandaskan pada rasa ikhlas dan syukur. Memasrahkan semua hal kepadaNya memicu otak alam bawah sadar mensetting energi energi kebaikan berproduksi lebih sempurna. Jika kau sakit akan sembuh.

Ketika hati menghadirkan ikhlas sebagai ganti keluh resah atas sakit yang diderita fisik, maka hormon endorfin yang sefungsi morfin akan diproduksi di dalam tubuhnya. Apa fungsinya hormon endorfin? Endorfin akan menekan titik sakit dan melenyapkannya seketika. Ikhlas mampu menciptakan  200 kali lebih kuat dari zat morfin. Itu sebab beberapa pengalaman di healing, kesembuhan berefek seketika. Dengan memurnikan tauhid hormon positif di dalam tubuh manusia seperti Serotonim, dufamin, endorfin dan oksitosin akan menstabilkan fungsi tubuh lebih baik dari sebelumnya.

Disinilah rahasia penyembuhan tercepat untuk semua keluhan fisik dan psikis. Metode Spritual Emotional Freedom Technique (SEFT) berbasis revolusi tauhid membantu siapapun menemukan penyembuhan sesungguhnya. Hanya dengan memurnikan sakit untuk lebih mengenal tauhid, Allah akan menyembuhkan sakit seketika itu, sesuai dengan apa doamu.

"Dzalikal kitabu la raibafiihi hudalil Muttaqin"Pada Alquran itu tidak ada keraguan padanya. Dan pada Alquran itu adalah petunjuk. (*)


×
Berita Terbaru Update