-->

Bupati HSU Nilai Pembentukan BUMDES Langkah Pemda Memajukan Prekonomian Pedesaan



Foto bersama 




IPN - Amuntai - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) berkerjasama dengan BUMN Kreatif BRI Cabang Amuntai, bertempat di Gedung Agung Selasa (28/5).

Plh Sekretaris Daerah HSU Ilmam Hadi pada saat kesempatan itu mewakili Bupati Hulu Sungai Utara H. Abdul Wahid HK membuka kegiatan rakor pengembangan badan usaha milik desa tingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2019.

Plh Sekretaris Daerah HSU H. Ilham Hadi dalam membacakan sambutan tertulis Bupati HSU mengatakan, sangat menyambut baik dengan terlaksananya rakor pengembangan badan usaha milik desa tingkat Kabupaten HSU tahun 2019.

"kegiatan ini tentunya sangat memiliki makna sangat penting strategis untuk menyamakan persepsi dan membangun bersama untuk membangun kemandirian dan mengembangkan BUMDES di Kabupaten HSU, sehingga pengembangan BUMDES dapat membangun desa kita lebih baik, maju dan sejahtera" Ujar Wahid.

Pembicara


Wahid juga menambahkan, badan usaha milk desa seperti tertera dalam peraturan mentri desa nomor 4 tahun 2014 merupakan suatu badan usaha yang sebagian atau seluruh modal yang dimiliki desa melalui penyertaan secara langsung dari kekayaan desa yang untuk mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk kesejahteraan desa.

"pembentukan BUMDES merupakan langkah pemerintah demi memajukan perekonomian khususnya perekonomian pedesaan" tambah Wahid.

Wahid juga menyampaikan pemerintah memiliki peran sangat penting dalam mendorong perkembangan bumdes dengan beberapa cara seperti memberikan hibah dan akses permodalan ataupun berupa aset untuk memperlancar barang jasa usaha milik desa.

Selain itu juga Siti Fikriyah Kabid Pemberdayaan Ekomomi Masyarakat Desa DPMD Hulu Sungai Utara menyampaikan, BUMDES yang dikelola oleh masyarakat desa dan pemerintah dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk kebutuhan masyarakat dan potensi desa.

"rakor pengembangan badan usaha milik desa ini adalah untuk mencari solusi dari berbagai permasalahan yang ada dalam rangka pengambangan BUMDES di Kabupaten Hulu Sungai Utara" harap Kabid Pemberdayaan Ekomomi Masyarakat Desa.

Dalam Rakor Pengembangan Badan Usaha Milik Desa ini ini diisi dengan narasumber Siti Fikriyah, SP Kabid Pemberdayaan Ekomomi Masyarakat Desa DPMD HSU, Rijali Hadi, SSTP, MAP Kabid Pemerintahan Desa DPMD HSU, Paksi Noorlesmana Putra Kordinator RKB BRI Cabang Amuntai. (*)


Sumber : Diskominfo HSU
Editor : Bai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment