-->

Disdik Bersama DP2KB Gelar Sosialisasi Pendidikan Keluarga tentang 1000 HPK



Momen kegiatan pembukaan Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga di HSU



IPN - Amuntai - Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara Gelar Sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018.Selasa, 13 November 2018.

Bertempat di Gedung Agung Lt. 2 Amuntai Sosialisasi tersebut di hadiri oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda HSU, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas perpustakaan dan arsip daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. HSU, Kepala desa di enam kecamatan di kab. HSU Serta kelompok bermain PAUD di kabupaten Hulu Sungai Utara.

Pembukaan sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018 ini yang mana sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari MOU Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota termasuk Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sosialiasi ini dilaksanakan dalam rangka kita mewujudkan generasi emas pada tahun 2045 yaitu generasi yang diharapkan menjadi perintis perubahan dalam membentuk kehidupan dan peradaban bangsa yang lebih baik.


Peserta kegiatan


Generasi emas yang di cita-citakan ini adalah generasi yang bermodalkan kecerdasan koperensif yakni produktif, inovatif, intruksi sosial yang baik dan berpradaban unggul, karena 1000 HPK adalah periode percepatan tumbuh kembang yang di mulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Apa yang kita alami atau lakukan atupun makan selama 1000 HPK akan memberikan konsekuensi yang panjang terhadap kesehatan di masa depan, karena 1000 HPK merupakan periode kritis tumbuh kmebnag dan penentu kualitas kesehatan seumur hidup karena usia masa rentang pada 9 bualn hingga 2 tahun terjadi percepatan tumbuh kembang yang menakjubkan, 1000 HPK seluruh organ penting dan sistem tumbuh hampir semua telah selesai terbentuk.

Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Anisah Rasydah Wahid, M.AP, Mengatakan, keberhasilan program 1000 HPK sulit diukur secara langsung karena sebagian besar dampak perbaikan 1000 HPK baru akan dirasakan pada beberapa tahun kemudian namun demikian berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa program peningkatan gizi pada awal kehidupan akan berkontribusi pada keberhasilan pembngunan berkelanjutan.
“secara garis besar program-program pada 1000 HPK dapat dikelompokkan sebagai program intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif” ungkapnya

Dengan melihat keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa 1000 HPK memiliki dampak jangka panjang yang dapat meningkatkan produktifitas dan daya saing sumber daya manusia kedepannya.
“Jadi perlu diperhatikan ibu hamil perlu mendapatkan gizi seimbang karena akan melahirkan anak yang berkualitas, dengan gizi seimbang tidak akan melahirkan anak yang stunting” lanjutnya.

Selanjutnya Bupati HSU Dalam sambutan tertulis yang di bacakan oleh Ir. H. Supomo, M.Si, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda HSU, mengatakan, atas nama pemerintah daerah kabuoaten hulu sungai utara mengucapkan terima kasih serta penghargaan kepada Dinas Pendidikan atas terselenggaranya sosialisasi 1000 HPK ini.
“Kami menyadari bahwa kegiatan ini tentu nya memiliki makna yang sangat penting dan strategis untuk menambah dan meningkatkan pemahaman dan kesadaran kita terhadap pentingnya memperhatikan dan mendukung 1000 Hari Pertama Kehidupan”

Marilah kita jadikan sebagai satu gerakan bersama untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat kita terhadap pentingnya memperhatikan dan mendukung 1000 HPK untuk mewujudkan generasi yang lebih sehat dan cerdas dibanua kita tercinta.”lanjutnya”

Setelah menyampaikan sambutan Ir. H. Supomo, M.Si. Membuka secara resmi Sosialisasi penyelenggaraan pendidikan keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018. (*)


Sumber : Dikominfo HSU
Editor : Abai

Tags :

bm
Created by: Infopubliknews

Info Publik News Cepat Tepat Hangat

Post a Comment