Bunda PAUD HST Hj Ernawati Chairansyah Hadiri Literasi Keluarga Yang Digelar PAUD Terpadu Aisyah Mawadah



Hj Ernawati Chairansyah saat menyampaikan sambutan di gekagel Literasi Keluarga yang digemar PAUD Terpadu''Aisyiyah Mawaddah'.


- Ayah Bunda Bacakan Aku Buku


IPN - Barabai - Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Hj Ernawati Chairansyah menyambut baik dan penuh apresiasi terkait Acara Literasi Keluarga yang dilaksanakan oleh Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu ''Aisyiyah Mawaddah' di Kecamatan Barabai Selasa (27/11/2018). Kegiatan ini di pusatkan di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip HST.

Kegiatan yang dilaksanakan PAUD Terpadu ini, dinilai baik oleh Ernawati yang juga istri PLT Bupati HST H Anang Chairansyah. Bahkan beliau menilai ini bentuk nyata penumbuhan dan pengembangan literasi keluarga para peserta didik.

"Ini bentuk realisasi pengaplikasian PAUD sebagai pusat pembelajaran awal sebelum mengenal ke jenjang taman kanak-kanak," kata Ernawati di sela kegiatan

Ernawati yang juga Ketua TP PKK HST ini mengakui bahwa sekolah yang telah bekerja keras dalam upaya mendidik dijenjang awal, diharapkan dapat bersinergi dengan Ayah dan Bunda di rumah.



Salam Literasi


"Karena usaha dari sekolah atau dari rumah saja tentu tidak cukup. Keduanya wajib saling melengkapi dalam mendampingi anak-anak agar mampu menjadi yang terbaik," cetusnya.

Sementara itu, Kepsek PAUD Terpadu 'Aisyiyah Mawaddah' Sri Handriati, S.Ag.S.Pd, menyampaikan bahwa saat ini sekolah berperan memfasilitasi, maka Ayah dan Bunda diharapkan dapat mengambil peran sebagai role model anak dalam hal literasi.

Contoh sebut Sri, bila menginginkan anak gemar membaca, maka terlebih dulu orang tuanya lah yang harus gemar membaca.
Jangan sampai terjadi sebaliknya, anak justru lebih sering melihat orang tuanya memegang HP dibandingkan memegang buku, sampainya dengan penuh makna.

Diterangkan Sri bahwa dalam kesempatan ini Bunda PAUD juga berpesan kepada Ayah dan Bunda, agar memberikan perhatian dan kasih sayang lebih kepada anak-anak. Banyak hal yang mungkin tanpa disadari, mulai disepelekan orang tua masa kini. Terutama semenjak teknologi berkembang begitu pesat, sebut Sri menjelaskan imbau Bunda PAUD pada orang tua peserta didik.

"Sangat sederhana, yaitu mengetahui keberadaan anak. Orang tua zaman dulu akan lebih cemas ketika anaknya pulang terlambat. Tapi saat ini sangat lumrah kita temui anak-anak yang berkeliaran bahkan hingga malam hari. Bagaimana kita akan mampu mendidik anak-anak dengan baik, jika keberadaannya saja sekarang sulit atau enggan bagi kita untuk mengetahuinya ?

Maka Ayah.... Bunda.... Kembalilah kepada anak. Curahkan lah perhatian dan kasih sayang kita kepada anak. Jadilan tauladan yang baik untuk mereka, dan juga jangan lupa bekerjasama lah dengan pendidik anak-anak kita di sekolah. Demikian pesan Bunda PAUD disampaikan Sri.

Untuk diketahui, bahwa PAUD Terpadu Aisyiyah Mawaddah juga perna meraih penghargaan tingkat Nasional Gernas Baku. Dan sebagai penyelenggara Literasi Keluarga ini.

Selain Bunda PAUD HST, hadir juga Bunda PAUD Kecamatan Barabai, Kadis Pendidikan HST, Ketua PDM HST, Ketua PDA HST, Penilik PAUD, Pengawas TK HST, Kepala Dinäs Sosial, Pembërdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak termasuk Ayah dan Bunda peserta didik. Kegiatan berlangsung meriah. (*)



Penulis : Abai
Editor Abai


Subscribe to receive free email updates: