Juve & United Melaju Ke 16 Besar

IPN - UCL. Manchester United memastikan diri lolos ke babak 16 besar liga Champions seusai mengalahkan Young Boys dengan skor 1-0 pada matchday kelima di Stadion Old Trafford, Rabu (28/11/2018) dini hari . Marouane Fellaini menjadi penyelamat  United via gol tunggalnya pada masa injury time pada laga yang  diwarnai aksi  hempas botol oleh Mourinho. 

United tampil lebih dominan dibandingkan tamu mereka. Namun, Young Boys merespons otoritas permainan United dengan menumpuk pemain di belakang. Kesulitan pun didapatkan tuan rumah yang cuma melepaskan 2 percobaan melenceng dari Fred dan Rashford dalam 10 menit pertama. 

Young Boys bukan tanpa perlawanan. Lepas dari 10 menit jalannya laga, mereka mendapatkan kesempatan dari Roger Assale yang masih melebar. Tapi, mulai terbukanya lini pertahanan mereka memberi kesempatan buat United untuk terus menekan. Hasilnya, Rashofrd hampir saja membuat United unggul jika sepakannya tidak dimentahkan David Von Balloms di menit 14.

Kendati menguasai pertandingan, miskinnya kreativtas di lini tengah United membuat aliran bola tak berjalan lancar. Oleh karenanya, kecepatan tiga pemain di depan sangat ditonjolkan dengan total 5 dribel sukses sepanjang babak pertama. Tapi, efektivitas dari skema ini tidak terlihat karena United tercatat 11 kali kehilangan bola berbanding 1 milik lawan.

Percobaan-percobaan tambahan yang dilepaskan oleh Martial, Fred, Lingrad, hingga Rashord pun pada akhirnya tidak membuahkan hasil. Begitu pun Young Boys yang hanya menambah 2 tembakan off target. Babak pertama pun rampung dengan kedudukan imbang 0-0.

United masih menguasai jalannya pertandingan di babak kedua. Dan 10 menit setelah sepak mula, lahirlah sepakan Rashford yang belum menemui target. Demikian dengan upaya Fellaini dan Martian beberapa menit berselang.

Sulitnya menembus kotak penalti Young Boys membuat United benar-benar tak bisa berkembang. Tembakan on target Lingard di menit ke-63 pun dilakukan dari luar kotak. Kerap buntunya serangan United membuat Mourinho akhirnya memasukkan Lukaku dan Pogba untuk menarik keluar Lingard dan Fred.

Namun, perubahan ini tidak terlalu berdampak signifikan pada serangan United karena tidak apiknya penyelesaian akhir. Justru Young Boys hampir mencetak gol jika sepakan Ulisses Garcia tidak ditepis David De Gea di garis gawang pada menit ke-71.

Ketika laga dirasa bakal berakhir 0-0, Fellaini menjadi penyelamat United lewat golnya pada masa injury time, seusai memanfaatkan umpan Lukaku. 


 

Dengan kemenangan ini, United berada di posisi kedua klasemen Grup H dengan koleksi 10 angka. Mereka berjarak 5 angka dari Valencia di posisi ketiga dan dengan satu laga tersisa di fase grup, pasukan Jose Mourinho dipastikan lolos ke 16 besar. Sedangkan, Young Boys menjadi juru kunci dengan 1 poin.

Satu tiket lainnya babak 16 besar Liga Champions di Grup H menjadi milik Juventus. Ini dipastikan setelah pasukan Massimiliano Allegri menang 1-0 atas Valencia pada laga di Allianz Stadium lewat  gol tunggal Mario Mandzukic (59'). 



Dengan kemenangan tersebut, Juventus memuncaki Grup H dengan raihan 12 poin dari 5 pertandingan.

Tinggal penentuan siapa yang menjadi juara Grup H pada matchdaykeenam nanti antara  Juventus dan  Manchester United, yang tertinggal 2 poin.

Berikut hasil matchday kelima dini hari tadi  





Subscribe to receive free email updates: