Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati HSU Buka Bimtek Aplikasi Srikandi dalam Mewujudkan Kearsipan Berbasis Elektronik

Wednesday, October 11, 2023 | 11 October WIB Last Updated 2023-10-12T02:58:03Z


Foto bersama


BANJARBARU -IPN- Mewujudkan terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). 


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) HSU Rakhmadi Permana selaku panitia pelaksana mengatakan tujuan diselenggarakannya Bimtek ini adalah diterapkannya Aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di seluruh SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dengan materi bimbingan teknis berupa gambaran umum Aplikasi SRIKANDI dan pedoman pengoperasian aplikasi SRIKANDI serta pendampingan penerapan aplikasi SRIKANDI.


Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari mulal tanggal 11 s.d 12 Oktober 2023 di Fave hotel Banjarbaru. Dimana Narasumber Bimtek ini berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebanyak2 (dua) orang. Adapun peserta berjumlah 56 peserta dari 28 SKPD.


Untuk panitia Penyelenggara kegiatan berasal dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Hulu Sungai Utara, Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Hulu Sungai Utara.






Penjabat Bupati HSU Drs. H. Zakly Asswan, MM mengapresiasi terselenggaranya Bimtek Aplikasi SRIKANDI tersebut. Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) memegang peranan yang penting dalam mendukung terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik sehingga terwujud tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif. Serta dengan diterapkannya sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi dapat memberikan kemudahan, ketertiban, kepastian, dan efektifitas atas penyelenggaraan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi. 


Aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur utama. Pertama, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah. Kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh, dan terpercaya. Didalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip. 

 

Oleh karena itu, mengingat pentingnya Bimtek Aplikasi SRIKANDI ini, Zakly Asswan meminta kepada para peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini, dengan demikian didapat hasil yang maksimal dan membawa kemanfaatan Aplikasi SRIKANDI ini bagi masing-masing SKPD, khususnya bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara


Sumber: PROKOPIMHSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim




×
Berita Terbaru Update