Notification

×

Iklan

Iklan

Dinkes Kab:HSU dan PT Adaro Gelar Operasi Katarak dalam Rangka HKN ke-59

Thursday, October 12, 2023 | 12 October WIB Last Updated 2023-10-12T08:01:54Z


Pj Bupati HSU saat berbincang dengan warga yang mengikuti kegiatan operasi katarak


AMUNTAI -IPN- Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara(HSU) bersama PT. Adaro Indonesia menggelar Operasi Katarak gratis dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke - 59 di halaman Dinkes HSU. Kamis, (12/10/2023). 


Turut hadir Pj. Bupati HSU, Kajari HSU, Ketua Pengadilan Negeri HSU, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Dandim 1001 HSU/BLG, dan CSR Departemen Head PT. Adaro Indonesia beserta jajaran.


Dalam sambutannya, Penjabat(Pj). Bupati HSU, Zakly Asswan ia mengatakan, terselenggaranya kegiatan ini untuk mencegah timbulnya penumpukan penderita katarak di Kabupaten HSU. Karena penderita katarak ini tidak hanya akan menjadi masalah medis atau klinis. 


"Namun, memasuki ranah sosial mengganggu produktivitas kinerja dan mobilitas penderitanya, juga menimbulkan dampak sosial ekonomi bagi lingkungan, keluarga, masyarakat dan negara, " Imbuhnya.








Karenanya, berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam membangun sektor kesehatan, khususnya dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan dan melaksanakan operasi katarak serta berbagai terobosan lainnya. 


Maka usaha Pemerintah Daerah hendaknya disikapi dan didukung oleh semua pihak, seperti dunia usaha swasta dan kalangan organisasi profesi yang ada di Kabupaten HSU. 


"Kita meyakini bahwa membantu masyarakat apabila ada kerjasama dan sinergitas antara pemerintah dengan swasta serta lembaga-lembaga sosial akan terasa mudah dan ringan, "Bebernya.


Ia berharap, kegiatan operasi katarak ini dapat berjalan lancar dan tertib serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya khususnya bagi peserta operasi katarak masyarakat Kabupaten HSU. 


"Operasi katarak yang kita laksanakan pada hari ini seperti membuka kembali mata dunia mereka. Insya allah, masyarakat di HSU yang mengalami katarak, penglihatan mereka kembali jernih, "Pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Dinkes HSU, dr. Mochammad Yandi Friyadi mengatakan, kegiatan operasi katarak gratis ini dilaksanakan di Dinkes HSU menjaring keseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten HSU. 


"Untuk jumlah pesertanya waktu penjaringan ada sekitar 51 orang yang akan melaksanakan operasi katarak pada hari kamis dan jum'at ini, " Ujarnya. 


Ia sangat bersyukur adanya bantuan dari PT. Adaro Indonesia terhadap kegiatan kemasyarakatan seperti operasi katarak mata gratis ini. Karena operasi katarak gratis ini sudah hampir 3 tahun tidak terlaksanakan di Kabupaten HSU. Dan pada tahun ini dapat dilaksanakan kembali setelah masa pandemi Covid - 19 .


"Semoga kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya lagi dan menyelamatkan masyarakat Kabupaten HSU dari kebutaan akibat katarak mata, "Tutupnya. 


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update