Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab HSU Ikuti Workshop Penerapan Aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi Srikandi

Thursday, September 07, 2023 | 07 September WIB Last Updated 2023-09-07T09:27:25Z


Plt Ka diskominfosandi HSU Hj Khalidiyah (kiri) 


SOLO -IPN- Bertempat di Ballroom The Sunan Hotel Surakarta, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan, melaksanakan Workshop Penerapan Aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) dari tanggal 6-7 September 2023.

Workshop yang dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI Dra. Desi Pratiwi, MM. Dihadiri oleh Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas, Pejabat Struktural, dan staf teknis Kearsipan, Kominfosandi dan Bappedalitbangda di Wilayah I Se-Indonesia yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, NTT, NTB dan Bali.

Pada acara pembukaan, Walikota Surakarta Gibran Rangkabuming yang diwakili Sekretaris Daerah M. Yani sebagai tuan rumah, selain menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat menikmati Kota Solo. Ia juga menambahkan, Surakarta yang merupakan daerah Kerajaan yang mempunyai arsip dengan nilai historis yang sangat penting bagi daerah Surakarta, oleh karenanya Srikandi menjadi salah satu hal penting dalam pemeliharaan dan pelestarian arsip bersejarah, sehingga dapat mendukung Pemda dalam menentukan kebijakan.

Sementara itu Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcatpil) Prof. Zudan Arif Fakhrullah selaku Penjabat Gubernur Sulawesi Barat yang menjadi Keynote Speaker mengatakan bahwa reformasi birokrasi ditetapkan dengan mendigitalkan Kearsipan, tentunya didukung dengan komitmen Kepala Daerah untuk mempercepat perubahan tata kelola birokrasi yang merubah sistem konvensional ke digital. 




Tidak ada lagi tatap muka yang beresiko untuk terjadinya korupsi di birokrasi. Selain itu dengan digitalisasi arsip, dapat mempermudah pembuatan, pencarian, pendokumentasian, serta menghemat anggaran pemerintah daerah serta efisiensi pelayanan publik.

Dengan workshop ini, menurut Dra Desi Pratiwi, MM. Deputi Pembinaan Kerarsipan ANRI, diharapkan pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten maupun kota yang belum maksimal menerapkan Srikandi agar segera menerapkannya, karena selain dapat mempermudah pekerjaan, juga memberikan efisiensi waktu dan terintegrasi baik secara pusat dan Daerah.

Pada acara pembukaan tersebut juga diserah terimakan piagam penghargaan penerapan Srikandi terbaik Kategori Provinsi, Kota dan Kabupaten Se-Indonesia.


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update