Notification

×

Iklan

Iklan

Bidang Kebudayaan Disdikbud Kab.HSU Gandeng KORMI HSU Gelar Lomba Permainan Tradisional

Thursday, September 07, 2023 | 07 September WIB Last Updated 2023-09-07T02:21:05Z

 

Momen penyerahan hadiah


Amuntai -IPN- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DISDIKBUD ) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui bidang kebudayaan gandeng Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) HSU melaksanakan lomba permainan olahraga masyarakat. Lomba tersebut diantaranya Asinan atau Hadang, Balogo atau lari balok.

Kegiatan ini digelar di Lapangan Tenis Empu Jatmika dan Lapangan Pahlawan Amuntai Rabu (6/9) dan dihadiri oleh Kepala DISDIKBUD HSU, Jumadi MT diwakili Kabid Budaya Hj Rahmawati MAP, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) HSU Syaifullah, dan Pengurus KORMI HSU

Even ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional ke 40 yang jatuh pada tanggal 9 September dan memperingati hari ulang tahun KORMI ke 23 tahun 2023.


Ketua KORMI HSU Hj.Ani Warni, S.Pd.MM menyampaikan lomba ini mempertandingkan 3 inorga yaitu inorga asinan/hadang,inorga balugu dan inorga lari balok dan diikuti oleh 507 pegiat dari berbagai usia dan terbuka untuk umum. 


Adapun rincian inorga asinan diikuti sebanyak 31 tim yang terdiri 248 pegiat,inorga balugu diikuti sebanyak 102 pegiat dan inorga lari balok sebanyak 157 pegiat.

"Peserta para pelajar yang bersekolah diberbagai tingkatan atau jenjang pendidikan di HSU serta masyarakat umum berbagai usia, mengingat olahraga rekreasi masyarakat ini tidak ada klasifikasi usia," ujar Hj Ani.









Masih menurut Hj. Ani dirinya merasa senang,gembira dan haru atas antusiasnya sambutan masyarakat,dan para pegiat serta dukungan Pemerintah Daerah dalam hal DISDIKBUD Kabupaten HSU melalui bidang kebudayaan.


 "Terimakasih pada Bidang Kebudayaan Disdikbud HSU yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) dan Nanang Galuh. Semoga kegiatan ini nantinya bisa dilaksanakan beberapa hari," Sampainya. 

Sementara itu, Pj Bupati Zakly Aswan diwakili Kepala Disporapar Syaifullah ,S.Sos, M.Si, menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat melahirkan para pegiat yang berprestasi.

"Kami menyambut baik kegiatan ini dan semoga dapat berlangsung secara terus menerus," harapnya. Terakhir, Syaifullah meminta kepada seluruh pegiat dalam kegiatan ini agar menjunjung sportifitas yang tinggi dalam bertanding.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disdikbud HSU Hj Rahmawati, mengatakan pihaknya ikut mendukung olahraga rekreasi masyarakat, mengingat olahraga ini seperti Asinan atau Hadang dan Balago merupakan olahraga rakyat asli Indonesia yang sudah ada sejak dulu.


"Olahraga ini juga mengangkat kearifan lokal masyarakat. Dimana Hadang dan Balogo semakin jarang dimainkan oleh masyarakat. Maka lewat momen ini olahraga ini bisa kembali populer," Sampainya. 


Adapun hasil dari lomba ini adalah,juara 1 inorga asinan dimenangkan SMA 1 Sungai Pandan ,inorga lari balok putera juara 1 diraih oleh M.Akbar dari SDN Murung Sari 2 dan Karina juara 1 putri dari SDN Sungai Luang Hulu.

Juara 1 inorga balogo jatuh ke  M.Amrullah dari SMPN 4 Amuntai dan hadiah beserta trophy diserahkan secara langsung oleh Kepala Bidang Kebudayaan pada Disdikbud HSU Hj.Rahmawati,S.Sos.MAP.


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update