Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab dan Forkopimda Kab.HSU Gelar Salat Minta Hujan

Thursday, September 07, 2023 | 07 September WIB Last Updated 2023-09-07T09:36:49Z

 

Takbir


AMUNTAI -IPN- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara(HSU) gelar sholat Istisqa dalam rangka mengatasi bencana kabut asap dan kemarau panjang serta mengantisipasi terjadinya kebakaran di wilayah HSU. Bertempat di Lapangan Tenis Amuntai. Kamis, (07/09/2023).


Shalat Istisqa tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah(Sekda) HSU, Adi Lesmana, Ketua DPRD HSU, Almien Ashar Safari, Kapolres HSU, AKBP Moch Isharyadi Fitriawan S.I.K, serta unsur Forkopimda, unsur kepala perangkat daerah, dan tokoh agama. 


Bertindak sebagai imam, KH. Sam'uni dan Khatib KH. Said Masrawan. Dalam khutbahnya, KH. Said Masrawan mengatakan Allah yang memang Maha Berkuasa, untuk tidak menurunkan hujan sementara waktu, akibatnya sawah ladang kekeringan, sumber-sumber air mulai berkurang, hutan dan lahan terbakar akibat hawa panas hingga mudah terbakar, juga berakibat kabut asap yang menganggu aktivitas dan kesehatan. 


Ia menyebut, itulah hal yang sering disebut bahwa bala/musibah bisa bertujuan untuk menguji manusia yang baik, bisa pula bertujuan untuk memperingati manusia agar tidak terus-menerus lalai, salah dan lupa.





Dengan memberi ujian/musibah itu, allah SWT lalu memberi petunjuk dan pedoman kepada manusia agar selalu mencari solusi dalam menghadapi/mengatasi segala permasalahan, ujian dan cobaan yang dialami. 


"Maka langkah awal yang harus kita lakukan adalah memperbanyak istighfar, bertaubah, memohon ampun kepada Allah SWT. Karena dengan banyak beristighfar, maka allah menjanjikan kepada kita akan begitu banyak kebaikan dan keberkahan dari istighfar, " Imbuhnya. 


Ia berpesan, tiga hal yang wajib dipahami dalam menghadapi dan menyikapi bala/musibah/ujian yang dihadapi saat ini, ketiga hal tersebut adalah banyak beristighfar, berusaha istiqamah dijalan allah dan mengubah/memperbaiki perilaku yang buruk. 


Untuk mencapai ketiga hal tersebut semua wajib berusaha sesuai dengan tugas dan kewenangan kita masing-masing. Ulama berdakwah, mengajar agama, membimbing mental spiritual umat, pemerintah menjalankan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, sedangkan masyarakat/umat dengan kesadarannya mau atau kepada ulama dan pemerintah/umara.


"Semoga bermanfaat bagi kita semua demi meraih keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan dunia - akhirat, " Tutupnya.

Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update