Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Tambalang Wakili Kabupaten HSU pada Ajang Lomba Ternak Itik Tingkat Kalsel tahun 2023

Tuesday, July 25, 2023 | 25 July WIB Last Updated 2023-07-26T05:16:32Z







AMUNTAI -IPN- Desa Tambalang Kecamatan Sungai Pandan Wakili Hulu Sungai Utara dalam Lomba Penilaian kelompok Tani Ternak Itik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan. Senin (24/07/2023).


Kedatangan rombongan tim penilai dari provinsi Kalimantan Selatan di Balai Desa Tambalang Kec Sungai Pandan disambut langsung oleh jajaran Dinas Pertanian HSU, Forkopimcam, dan juga anggota kelompok Tani ternak Itik Serati Desa Tambalang Kec. Sungai Pandan


Mengenai penjelasan tentang desa Tambalang, Kepala Desa Tambalang mengatakan,   Desa Tambalang memiliki 4 Rt dengan jumlah penduduk sebanyak 557 jiwa, dengan luas wilayan 892,50 hektar, dengan rata-rata mata pencaharian masyarakatnya pertanian dan peternakan.

"Melihat potensi yang ada di bidang peternakan itik semakin meningkat akhirnya kita bentuk lah bersama masyarakat kelompok ternak itik sehati (sejahtera, harmonis dan inovatif) dengan tujuan dibentuknya kelompok ternak ini mampu mengangkat kesejahteraan perekenomian masyarakat di desa Tambalang". Ucap Abbdussyahid Kepala Desa Tambalang


Sebelumnya Kelompok tani ternak itik Sehati didirkan pada tanggal 19 Desember 2019 hingga saat ini kelompoknya berjumlah sebanyak 21 orang anggota.


" terimakasih kepada Dinas Pertanian HSU yang selama ini terus membina dan juga membimbing desa kami sampai saat ini, sehingga kelompok tani ternak itik sehati desa Tambalang bisa mengikuti penilaian lomba ternak di tingkat provinsi Kalimantan Selatan".


"Melalui lomba ini, tentunya dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kelompok ternak itik sehati kita agar kedepanya lebih baik lagi, semoga kelompok ternak itik sehati Desa Tambalang mendapat juara terbaik ditingkat Provinsi Kalsel". Kata Kepala Desa Tambalang


Selain itu Tim penilai Prov. Kalsel dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Lidya Astuti mengatakan, bahwa kegiatan penilaian lomba peternakan seperti ini selalu rutin di laksanakan setiap tahunnya di 13 Kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.


Pada tahun 2023 ini, hanya ada 11 kabupaten yang ikut berpartisipasi mengikuti pelaksanaan penilaian lomba kelompok tani ternak sapi dan itik tingkat Provonsi Kalsel.

"Alhamdulillah untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara disetiap tahunnya selalu mengikuti lomba penilaian kelompok tani ternak itik, dan HSU selalu memberikan yang terbaik kepada kelompok ternak itiknya, dari tahun-tahun sebelumnya HSU selalu mendapatkan juara pertama pada penilaian lomba ternak tersebut. 


Selain itu, ada beberapa aspek dalam penilaian kelompok tani ternak itik, diantaranya yaitu dari aspek identitas kelompok, mitra kerja kelompok, kelembagaan, budidaya dan terakhir pengadaan bibitnya.


Perlu diketahui dalam hal pemilihan bibit tidak bisa sembarangan, perlu ketelitian baik itu dari segi pemberian makanannya sehingga hasil yang didapat maksimal.

"Kepada seluruh anggota kelompok tani jika seadainya nanti ada mengalami kendala baik itu itik mati secara tiba-tiba atau lain sebagainya untuk segera melaporkan ke Dinas Pertanian HSU untuk diperiksa dan diobati ternaknya.

Harapannya dinas Pertanian HSU untuk selalu memberikan pembinaan dan inovasi kepada kelompok tani ternak itik yang ada di kabupaten HSU, sehingga kedepannya Kelompok tani ternak itik ini kedepannya lebih baik lagi". tutur lidya astuti (nata/jimy)



×
Berita Terbaru Update