Notification

×

Iklan

Iklan

Prof Dr Mukri Resmi Membuka Konferwil NU Kalsel di Ponpes Rakha Amuntai

Friday, June 09, 2023 | 09 June WIB Last Updated 2023-06-09T10:55:48Z

 

Momen pembukaan


AMUNTAI -IPN- Tabuhan rebana menandai pembukaan gelaran Konferensi Wilayah (Konferwil) Ke-9 Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dihelat dari 8-11 Juni 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Rasyidiah Khalidiyah (Rakha) Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 


Disamping dihadiri pimpinan PWNU, Gerakan Pemuda (GP)Ansor dan Fatayat NU Kabupaten/kota Se-Kalsel, turut hadir Ketua PBNU Pusat yang diwakili oleh Prof Dr. KH Moh Mukri, Wakil Sekretaris PBNU H. M. Silhaduin, Perwakilan Gubernur Kal-Sel, Rais Suriah PWNU KalSel, KH. Muhammad Ramli, Ketua Tanfiziah PWNU Kalsel, KH Hasib Salim, Kepala KaKanwil Kalsel, Muhammad Tamrin, Perwakilan Pejabat (Pj) Bupati HSU, Bupati Tabalong, pejabat Forkopimda, serta para Alim Ulama. 


Ketua PBNU Pusat yang diwakili oleh Prof Dr. KH Mukri, mengapresiasi dilaksanakannya Konferwil ke-9 PWNU Kalsel yang diadakan di Ponpes Rakha Amuntai kali ini. 

"Kami berharap Konfrensi Wilayah ini dapat terselenggara dengan aman, yaman dan sukses," Kata Mukri, Jumat (9/6/2023) saat membuka kegiatan. 






Selain itu, ia mengingatkan agar warga NU selalu mengedepankan Ukhuwwah Islamiyah, dengan menghargai perbedaan, tradisi dan menghargai kearifan lokal dan budaya lokal. 


Dirinya juga mengajak agar tradisi NU dapat terus dipertahankan terutama dilingkungan pondok pesantren agar tidak hilang. 


"Karena spiritnya kegiatan-kegiatan NU banyak diselenggarakan di pondok-pondok  pesantren, jadi pondok pesantren adalah NU kecil dan NU adalah pesantren besarnya," imbuhnya. 


Sementara dalam laporannya, Panitia Pelaksana, Berry Nahdian Forqon mengatakan, dipilihnnya Ponpes Rakha Amuntai sebagai tempat pelaksanaan Konferwil ke-9 PWNU Kalsel tahun ini adalah untuk mengingatkan kita kembali akan tokoh nasional Dr KH Idham Chalid sebagai salah satu pendiri Ponpes Rakha Amuntai. 


" Perlu kami sampaikan, bahwa Ponpes ini didirikan oleh salah satu tokoh kita Nahdatul Ulama, KH Idham Chalid yang telah memimpin PBNU selama 28 tahun, itu salah satu latar belakang dipilihnya Ponpes Rasyidiah Khalidiyah sebagai tempat Konfrensi Wilayah kali ini," ungkapnya. 


Adapun tujuan dan agenda Konferwil kali ini, Kata Berry diantaranya memilih dan menetapkan pimpinan PWNU Kalsel priode 2023-2028, merumuskan program kerja strategis organisasi, merumuskan perangkat organisasi dan tata laksana keorganisasian, Vitalisasi peran ulama sebagai barometer langkah dan keputusan kelembagaan dalam menghadapi persoalan-persoalan. 


" Hadirnya lembaga ke ulamaan yang selalu berada bersama untuk umat, dan diharapkan dapat relevan sesuai kebutuhan zaman, Merespon harapan umat Kalimantan Selatan sebagai pintu gerbang Ibu Kota Nusantara," tukasnya. 


Diketahui, dalam Konferwil kali ini disamping akan membahas beberapa masalah dalam dunia digital yang memerlukan kepastian hukum menurut fikih di acara Bahtsul Masail dan beberapa agenda lainnya. Konferwil kali ini juga diisi dengan kegiatan gema Sholawat, lelang Hadiah untuk Ponpes Rakha serta hiburan gambus.


Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update