Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Kab.HSU Serahkan Hadiah Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten tahun 2023

Friday, June 16, 2023 | 16 June WIB Last Updated 2023-06-16T10:36:24Z


Momen penyerahan hadiah oleh Pj Bupati HSU didampingi istri (kiri) 

AMUNTAI -IPN-  Enam Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) desa dimasing-masing kecamatan  di Kabupaten Hulu Sungai Utara, menghadiri kegiatan penyerahan hadiah lomba posyandu tingkat kabupaten tahun 2023. Kegiatan ini digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.HSU,hari Jum'at 16 Juni 2023 bertempat di Mess Negara Dipa Amuntai. 


Kegiatan ini juga dihadiri Pj.Bupati  Raden Suria Fadliansyah beserta Ketua TP.PKK Kab.HSU,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa beserta jajaran,Kepala Dinas atau mewakili dari Kesehatan,Pendidikan,Perikanan,DPPKB,Ketahanan Pangan,Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan,Camat,Kepala Desa dan Ketua TP.PKK.Desa,Kader Posyandu, serta seluruh posyandu yang akan menerima hadiah lomba posyandu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.HSU Rijali Hadi,SSTP, M.AP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj.Bupati atas berkenaan menghadiri acara ini,

Temu ini lanjutnya, merupakan kegiatan ini rutin rapat tim kelompok kerja operasional pembinaan posyandu tingkat kabupaten dikenal dengan tim Pokjanal dan sekaligus diadakan penyerahan hadiah lomba Posyandu tingkat Kabupaten Hulu Sungai.Utara Tahun 2023.


Pokjanal ini sendiri didasari oleh permendagri No.54 tahun 2007 tentang pedoman pembentukan pokjanal posyandu jadi pokjanal ini mempunyai tugas pembinaan,monitoring,evaluasi dan pengembangan terhadap pelaksanaan posyandu di wilayah masing-masing jadi semua ini berjenjang mulai dari pusat sampai ke desa ada tim kelompok kerjanya.

Dikatakan pula bahwa setiap tahunnya tim.pokjanal ini wajib melaksanakan rapat koordinasi atau pertemuan paling tidak 2 kali dalam setahun.

Menurut Rijali sejak lahirnya Permendagri No 18. tahun 2018 tentang lembaga  kemasyarakatan desa dan lembaga adat desa kedudukan posyandu ini meningkat posisinya kalau dulu dibawah pembinaan TP.PKK sekarang dia sudah sejajar dengan PKK sama-sama lembaga pemasyarakatan desa bersama karang taruna,bersama LPM,RT,RW dan PKK dan ini semakin meningkatkan kewenangan yang ada pada posyandu untuk meningkatkan lagi kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat karena posyandu bertugas untuk membantu kepala desa dalam melakukan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. 





Adapun Posyandu yang mendapat hadiah pada lomba kali ini adalah :

1.Posyandu "BUNGA MEKAR" desa Teluk Cati Kec.Sei.Tabukan sebagai juara 1 (satu)

2.Posyandu "KENARI" desa Keramat Kec.Haur Gading juaea 2 (dua)

3.Posyandu "BABIRIK" dssa Sungai Luang Hilir Kec.Babirik juara 3 (tiga)

4.Posyandu "Rambutan" desa Jalan Lurus Kec.Sungai Pandan.juara harapan 1 (satu)

5.Posyandu "Cempaka Biru" desa Teluk.Daun Kec.Amt.Utara.juara harapan 2 (dua)

6.Posyandu "Bunga Dahlia" desa Sungai Bahadangan Kec.Banjang.juara harapan 3 (tiga).

Pj.Bupati Hulu Sungai Utara R.Suria Fadliansyah dalam sambutannya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah memberikan Apresiasi dan Penghargaan kepada pokjanal posyandu Kab.HSU yang telah bekerja dengan penuh dedikasi dalam usaha-usaha peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui posyandu.

Menurut  R.Suria tidak kita pungkiri bahwa keberadaan Posyandu selama ini telah memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi dan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Karenanya posyandu sampai saat ini masih menjadi salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan,termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam rangka memberikan akses kesehatan khususnya bagi ibu dan anak.

Sehingga pemberian pelayanan kesehatan melalui posyandu mengharuskan kita untuk terus dan sungguh-sungguh  memberikan perhatian  yang  besar dan menghidupkan serta mengaktifkan posyandu yang ada di desa.

Karena itu menurut Suria kita menyambut baik dan gembira dengan adanya rapat kelompok kerja operasional Posyandu Kab.HSU tahun 2023 ini,karena rapat ini bertujuan untuk memotivasi para penyelenggara kegiatan posyandu,termasuk ketua dan kader agar mereka memberikan prestasi terbaik  sesuai dengan norma dan target dalam paksannaan posyandu di daerah masing-masing. 


Selain itu juga diharapkan mampu mempererat persepsi posyandu yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,untuk itu diharapkan rapat kerja ini jangan hanya sekedar menjadi formalitas semata namun diharapkan menjadi evaluasi dan koreksi agar dikemudian hari dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada seluruh masyarakat.


"Saya berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat termasuk tim penggerak pkk dan kader posyandu dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak mencegah terjadinya kasus gizi buruk terhadap balita/anak, " tandasnya. 

Sumber: Diskominfosandi untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update