Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Kab.HSU R.Suria Serahkan Bantuan Panti Asuhan se Wilayah HSU

Tuesday, April 11, 2023 | 11 April WIB Last Updated 2023-04-17T00:41:43Z

 

Momen kegiatan

AMUNTAI -IPN- Pj Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara Raden Suria Fadliansyah, hadiri acara silaturahmi dengan pengurus Panti Asuhan se Kabupaten HSU. Kegiatan di pusatkan di Panti Asuhan Muhammadiyah Alabio, Selasa (11/4) sore, kemarin.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekda HSU Adi Lesmana, Plt Kepala Dinas Sosial Herwansyah Budi dan Asisten I Khairussalim dan Asisten III Setda HSU Najeriansyah.

Pj Bupati HSU R.Suria Fadliansyah menyampaikan, senang dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan pengurus Panti Asuhan se HSU dalam momen bulan suci Ramadan ini.

"Terima kasih atas penyambutan hangat pihak Panti Asuhan Muhammadiyah Alabio, sebagai tuan rumah kegiatan silaturahmi Panti Asuhan se HSU," ujar Pj bupati. 

Pada kesempatan tersebut, Raden Suria juga berkesempatan menyerahkan bantuan LKSA secara simbolis pada sembilan panti asuhan yang ada di HSU.
 
 

Sebelumnya, Plt Kadinsos HSU Herwansyah Budi, menjelaskan adapun bantuan sosial anak melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) merupakan salah satu bagian dari program pemerintah dalam mendukung pengasuhan anak berbasis keluarga. 







Melalui bantuan sosial ini lanjutnya, LKSA akan mulai menjalankan fungsi dalam mendukung penyatuan kembali anak-anak yang masih dapat diasuh oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya,  dan secara aktif merespon anak-anak yang mengalami masalah aspek pengasuhan.

"LKSA telah melaksanakan peran pengasuhan pada anak-anak perlu didukung agar dapat menjalankan fungsinya secara lebih tepat dalam pengasuhan anak," sampainya.

Oleh karena itu, bantuan sosial melalui LKSA dapat mengalokasikan bantuannya tidak hanya untuk anak-anak yang ada di dalam LKSA, tetapi untuk anak-anak yang ada di luar LKSA atau pelayanan non panti.

"Tujuan bantuan sosial ini dalam pemenuhan hak – hak dasar anak dan perlindungan anak dari segala bentuk penelantaran, eksploitasi dan diskriminasi agar tumbuh kembang, kelangsungan hidup dan partisipasi anak terwujud lewat pengasuhan  keluarga dan melalui pengasuhan alternatif," terangnya.

Adapun bantuan dapat memenuhi pemenuhan kebutuhan dasar terhadap pelayanan sosial dasar, meningkatkan kapasitas potensi diri/ keterampilan hidup
sarana dan prasarana anak

Selanjutnya, bantuan sosial untuk dana dukungan lembaga dan pendampingan sosial dapat dimanfaatkan untuk, pembelian ATK, peralatan kantor dan insentif pegawai dan 
transport kunjungan rumah dan pendampingan akses layanan dasar.

Dan terakhir, meningkatkan peran LKSA dalam memberikan kualitas pengasuhan dalam panti dan mendukung pengasuhan dalam keluarga
penyelenggaraan kegiatan pengembangan keluarga. 

Sementara mewakili Forum Daerah Panti Asuhan Kabupaten HSU diwakili H Abdul Haris, menyampaikan terimakasih dan apresiasi pada Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah dan Pemkab HSU. 


Sumber: Info Publik News dan Prokopim Setda HSU
Penulis: Mat/Him
Uploder: Tim


×
Berita Terbaru Update