Notification

×

Iklan

Iklan

Pj Bupati Kab.HSU: Musrenbang Jadi Wadah Menyusun Rancangan RKPD Kabupaten tahun 2024

Tuesday, April 11, 2023 | 11 April WIB Last Updated 2023-04-17T00:42:20Z


Sinergitas

AMUNTAI -IPN-  Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 Kabupaten HSU, bertempat di Aula Dr KH Idham Chalid. Selasa, (11/04/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh stakeholder di lingkungan Pemkab Hulu Sungai Utara.


Musrenbang kali ini mengusung tema "Peningkatan Kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan dengan didukung pertumbuhan ekonomi inklusif".


Pj. Bupati HSU, R. Suria Fadliansyah mengatakan, musrenbang RKPD adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah. Bertujuan untuk membahas rancangan RKPD kabupaten HSU tahun 2024.


"Pembahasan rancangan RKPD Kabupaten dilaksanakan dalam rangka menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi," Ucapnya.







Ia menambahkan, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan Provinsi dan klarifikasi program kegiatan merupakan kewenangan Kabupaten dengan program kegiatan Desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang Kecamatan. 




Dalam kesempatan tersebut ia mengingatkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam penyusunan RKPD tahun 2024 diantara nya :

1. Solusi mengatasi banjir yang setiap tahun melanda daerah Kabupaten HSU khusus nya dan Banua Lima pada umumnya. 

2. Upaya serius dalam menghapus angka kemiskinan yang cukup tinggi di HSU sesuai target presiden di tahun 2024.

3. Angka stunting yang cukup tinggi memerlukan peran serta dari semua pihak terkait untuk menurunkan nya. 

4. Meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terutama untuk mendongkrak indikator usia harapan hidup, rata rata lama sekolah dan pengeluaran perkapita. 

5. Angka inflasi yang relatif tinggi memerlukan perhatian dari kita semua. 

6. Mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan dasar pada urusan pemerintahan wajib dengan berpedoman standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan. 

7. Keberadaan ibu kota negara (IKN) di Kaltim yang perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya melalui peningkatan produksi sektor pertanian, perikanan, peternakan, industri kerajinan serta usaha mikro, kecil dan menengah. 

8. Dilaksanakannya pemilu dan pilkada serentak pada tahun 2024 tentunya membutuhkan perhatian dan dukungan dari kita semua agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.


Ia berharap kepada para peserta yang berhadir agar mengikuti musrenbang dengan baik dan mampu memberikan saran dan sumbangsih terbaiknya, sehingga daerah Kabupaten HSU akan semakin maju dan berkembang sejajar dengan daerah lain. 


"Kami berharap semua pihak untuk mampu berkontribusi dan berinovasi sesuai tugas dan fungsi masing-masing sehingga program/kegiatan yang kita rencanakan bisa memberikan hasil yang optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten HSU, " Pungkasnya. 


Sementara, Ketua DPRD HSU, Almien Ashar Safari mengatakan bahwa akan mengajukan program/kegiatan dalam musrenbang tersebut pada tingkat yang lebih tinggi lagi. Baik ditingkat Provinsi maupun Pusat yang memang menjadi ranah dan bagiannya masing-masing. 


"Oleh karena itu, secara sederhana dapat kita sampaikan bahwa intinya kegiatan pada hari ini adalah upaya sinkronisasi perencanaan pemerintah daerah dengan perencanaan pemerintah Provinsi serta pemerintah Pusat, " Ucapnya. 


Ia berharap berbagai usulan kegiatan/program yang telah disampaikan melalui anggota DPRD, pokok-pokok pikiran DPRD, dan melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dapat menjadi bahan pertimbangan dan bisa dimasukkan kedalam RKPD tahun 2024.


"Karena apa yang menjadi bagian pokok pokok pikiran DPRD tersebut merupakan manifestasi dan penjelmaan dari berbagai aspirasi dan keinginan masyarakat yang disampaikan melalui lembaga DPRD, " Ujarnya. 


Ia juga sangat mengharapkan agar musrenbang ini merupakan suatu kesempatan untuk mengkomunikasikan perencanaan yang betul betul menyentuh problem dan kebutuhan serta berdampak kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat di kabupaten HSU.


"Mari kita manfaatkan kegiatan ini untuk berdiskusi, berfikir secara cermat dan bijak agar bisa menghasilkan gagasan dan konsep berkualitas demi membangun daerah dan membawa masyarakat HSU menjadi lebih baik dimasa yang akan datang, " Pungkasnya. 


Sumber: Diskominfosandi untuk Info Publik News

Uploder: Tim



×
Berita Terbaru Update