Notification

×

Iklan

Iklan

TAK INGIN REKENING TERKURAS HABIS , INI TIPS TERHINDAR PENIPUAN LINK UNDANGAN DIGITAL

Thursday, February 02, 2023 | 02 February WIB Last Updated 2023-02-01T23:48:01Z


 

Info Publik News - Modus kejahatan siber berupa phishing menggunakan platform WhatsApp (WA), kembali viral belakangan ini. Modus yang digunakan kali ini adalah dengan mengirimkan seolah-olah undangan pernikahan, namun dalam bentuk file APK.

Bagi Anda yang mendapat pesan ini, ingatlah jangan sekali-kali buka tautan file tersebut meski didorong rasa penasaran yang besar.

Pokoknya jangan! Jika nekat, risiko peretasan perangkat ponsel tak bisa terhindar, data diambil bahkan rekening bank bisa dikuras.

Metode tersebut dikenal sebagai metode penipuan berbasis social engineering (soceng) atau rekayasa sosial. Metode soceng ini memang sering memainkan psikologis sasaran dengan cara-cara tertentu, termasuk berpura-pura mengirimkan undangan pernikahan dari orang yang seolah-olah kenal. 

 



Untuk bisa terhindar dari modus kejahatan tersebut, disarankan pengguna platform WhatsApp bisa langsung memblokir saja nomor tak dikenal yang mencurigakan yang tiba-tiba mengontak.

Caranya gampang, dirangkum dari laman FAQ WhatsApp, untuk memblokir kontak bisa dengan membuka WhatsApp, ketuk Opsi lainnya> Pengaturan.

Kalau sudah, ketuk Privasi > Kontak yang diblokir, ketuk Tambah, lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda blokir

Selain itu, ada juga beberapa opsi alternatif untuk memblokir kontak. 

Pertama buka obrolan dengan kontak tersebut. Lalu ketuk Opsi lainnya> More > Block > BLOCK atau REPORT AND BLOCK yang akan melaporkan dan memblokir nomor tersebut.
 

Ada cara lainnya lagi. Buka obrolan dengan kontak, lalu ketuk nama kontak > Blokir > BLOKIR. Buka obrolan WhatsApp dengan nomor telepon yang tidak dikenal, ketuk BLOKIR lalu ketuk BLOKIR atau LAPORKAN DAN BLOKIR , yang akan melaporkan dan memblokir nomor tersebut.

Sebagai catatan, kontak yang diblokir tidak lagi dapat menghubungi Anda atau mengirimi Anda pesan. Keterangan seperti ‘terakhir dilihat’ atau ‘last seen’, ‘online’, pembaruan status, dan perubahan apa pun yang dilakukan pada foto profil Anda tidak akan lagi terlihat oleh kontak yang telah Anda blokir.

Memblokir kontak juga tidak akan menghapusnya dari daftar kontak Anda, juga tidak akan menghapus Anda dari daftar di ponsel kontak tersebut. Untuk menghapus kontak, Anda harus menghapus kontak dari buku alamat telepon Anda.



×
Berita Terbaru Update