Forkopimda Kab.HSU Hadiri Puncak Peringatan HAB ke-77 di Lapangan Pahlawan Amuntai


Pj Bupati HSU Raden Suria (tujuh kiri) saat foto bersama unsur Forkopimda


AMUNTAI -IPN - Puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Kantor Kementrian Agama (KanKemenag) Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar upacara pengibaran bendera di Lapangan Pahlawan kota Amuntai, Selasa (3/1/2023). 


Upacara yang diikuti ratusan siswa-siswi dan santri ini dipimipin Penjabat (Pj) Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, turut hadiri langsung Kepala KanKemenag HSU H Ahmad Rusyadi, Forkopimda, Ketua DPRD HSU, Ketua MUI HSU serta segenap organisasi islam dan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten HSU. 


Dalam kesempatan tersebut disamping memimpin pembacaan Pancasila, Pj Bupati HSU juga berkesempatan menyampaikan amat amanat Menteri Agama terkait HAB  ke-77 Kemenag


Dalam amanat Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan Pj Bupati HSU, menyampaikan rasa syukur diawal tahun 2023, keluarga besar Kementerian Agama memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77. 


"Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa Kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada tahun 1946," 


"Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya menyerukan kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia," imbuhnya. 


Lebih lanjut dikatakannya, Kementerian Agama telah menggelorakan semangat Transformasi Layanan Umat. 







Birokrasinya lebih lincah dan responsif, transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. 


Beragam inovasi digital juga terus dilakukan, mulai pusat hingga daerah, Semua itu merupakan upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. 

 


"Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat harus ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama, Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis, Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024," katanya. 


Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan perjalanan damai agar dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. 


"Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan pemicuan di tengah keragaman pilihan, ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia yang hebat," lanjutnya. 


"Melalui peringatan HAB ke-77 ini juga mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan tertata untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ajaknya. 


Lebih jauh, Ia juga menyampaikan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini kembali mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.073 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.


Permohonan itu telah dikabulkan Bapak Presiden, pada Hari Amal Bakti ke-77 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 936 orang, 20 tahun kepada 2.860 orang, dan 10 tahun kepada 6.277 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.


"Selamat merayakan Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik," tutupnya. 


Diakhir kegiatan, Pj Bupati HSU juga berkesempatan memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya Kemenag dari Presiden RI kepada Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama, dan kepada siswa siswi berprestasi dilingkungan KanKemenag HSU.


Sumber: Diskominfo Sandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



No comments

Powered by Blogger.