Pj Bupati Raden Suria, Buka Sosialisasi dan Bimtek Verval Program Jaminan Sosial se Kabupaten HSU


Pj Bupati HSU Raden Suria saat membuka kegiatan

AMUNTAI - Pj Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara, Raden Suria Fadliansyah, membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Petugas Pendataan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022, Program Perlindungan dan Jaminan Sosial.


Kegiatan ini diikuti camat, lurah dan desa termasuk tenaga DTKS se Kabupaten HSU. Acara berlangsung di Aula Dr KH Idham Chalid, Kota Amuntai, Kamis (8/11/2022).



Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah, pada kesempatan tersebut, menyampaikan, apresiasi pada Dinas Sosial Kabupaten HSU, yang telah melaksanakan bimtek petugas DTKS, ini.





Lanjutnya, ketika ada data yang ditemukan desa dengan dinsos, hendaknya dibicarakan secara bersamaan. Bukan dicari kesalahan atau menganggap datanya yang paling benar.


"Lewat bimtek ini, data yang sebelumnya belum singkron, bisa baik sehingga tidak menimbulkan keresahan dan pembahasan warga di desa," pesannya.


Raden juga meminta, aparat kecamatan seperti camat, sering-seringlah berkomunikasi dengan aparatur desa, dengan melakukan kunjungan atau blusukan ke desa yang ada di wilayah masing-masing.








"Camat jangan hanya kerja dibelakang meja. Harus sering terjun ke desa - desa. Sebab di desa banyak informasi dan perkembangan yang begitu dinas," pintanya.


Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Sosial Zaky Mubarak, dalam laporannya menyampaikan, terima kasih atas kehadiran Pj Bupati Raden Suria Fadliansyah, yang menyempatkan hadir dan membuka kegiatan bimtek ini.


Begitupun pada para camat, lurah, kepala desa dan tenaga DTKS yang hadir dalam acara ini. Bimtek ini bertujuan menyiapkan petugas pendataan, yang nantinya akan berjuang untuk memaksimalkan dan mereduksi terjadi kekurangan-kekurangan yang ada pada data terpadu sebelumnya.


"Tujuan pelaksanaan aktivitas dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial tahun 2022, guna meningkatkan kualitas tenaga DTKS sehingga tersedia data yang valid dan merumuskan data yang berkualitas sesuai fakta kesejahteraan sosial di lapangan," ungkapnya.


Adapun peserta kegiatan sosialisasi ini adalah camat dan lurah serta kades se Hulu Sungai Utara, sebanyak 239 orang. "Untuk Bimtek Verval DTKS diikuti oleh 219 petugas pendata ditambah 10 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan," terangnya.


Adapun narasumber dalam kegiatan ini, yakni BPS HSU, dan termasuk operator data terpadu sosial kabupaten.


Lewat pendataan DTKS, mungkinkan untuk memasukkan mereka-mereka yang memang dianggap layak untuk masuk dalam data terbaru kesejahteraan sosial tersebut mulai dari data sosial.


"Data baru nanti menunjukkan bahwa begitulah jumlah warga miskin. Termasuk mengurangi adanya keluhan dari masyarakat. Adanya verifikasi dan validasi data ini bisa mereduksi, mengurangi tingkat kesalahan data yang ada selama ini," tandasnya.



Sumber: Info Publik News

Penulis: Mat

Uploder: Tim

No comments

Powered by Blogger.