Momen Hari Ibu Pj Bupati HSU Sampaikan Eksistensi Perempuan dalam Sektor Pembangunan Penting


Pj Bupati HSU saat potong tumpeng di momen Hari Ibu


AMUNTAI -IPN- Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah menyampaikan akan pentingnya peran dan eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.


Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri Peringatan Hari Ibu ke - 94 oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) HSU bertempat di Aula Idham Chalid, Kamis (15/12/2022), dihadiri unsur Forkopimda, pejabat SKPD, BNNK HSU, Kepala Cabang Bank Kalsel Amuntai, serta organisasi-organisasi wanita se-HSU.


Pj Bupati menuturkan, peringatan hari ibu merupakan upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia.


"Terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan, dengan dilandasi semangat persatuan dan kesatuan," ujarnya.










Selain itu ia mengharapkan, pada momentun hari ibu dapat menjadi refleksi, introspeksi dan renungan untuk terus berinovasi ataupun berkreasi memajukan kiprah perempuan sehingga menjadi berdaya dan mampu sebagai agen perubahan disemua bidang pembangunan serta aspek kehidupan.


"Untuk mampu mendorong peningkatan kesetaraan gender, sehingga indonesia bisa mencapai kejayaan dan mampu menjawab berbagai tantangan global saat ini, sebagaimana diangkat dalam tema peringatan hari ibu tahun ini yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju," ucapnya.


Sementara itu Kepala DP3A HSU Gusti Iskandariah mengatakan, bahwa peringatan hari ibu dijadikan untuk memberikan inspirasi khususnya kepada generasi muda atas peran perempuan dalam meraih kemerdekaan dan menerapkan nilai-nilai perjuangan untuk kemajuan manusia di masa kini.


"Juga sebagai momentum kebangkitan bangsa, fondamen rasa persatuan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia," ungkapnya.


Lebih lanjut ia juga menyebut, peringatan hari ibu sebagai upaya guna mendorong kemandirian perempuan dan berbagai bidang pembangunan agar mampu bangkit kembali setelah masa pandemi Covid-19.


"Tema peringatan hari ibu tahun ini yaitu Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, dengan sub tema kewirausahaan perempuan mempercepat kesetaraan dan pemulihan ekonomi kita, sebagai wujud mendorong peningkatan kemampuan wirausaha perempuan dalam memanfaatkan tekhnologi untuk berusaha serta mendorong kemampuan berwirausaha bagi perempuan penyintas kekerasan," pungkasnya.


Adapun pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan pengurus gabungan organisasi wanita HSU, serta penyerahan bantuan berupa sepeda keranjang dan Gerobak Pena (Gerakan Olah Bakat Peduli Perempuan dan Anak). 



Sumber: Diskominfosandi untuk Info Publik News

Uploader: Tim

No comments

Powered by Blogger.