Plh Bupati HSU Zakly Asswan Minta Jajaran Urus Warga Terdampak Banjir - INFO PUBLIK NEWS

Saturday, November 19, 2022

Plh Bupati HSU Zakly Asswan Minta Jajaran Urus Warga Terdampak Banjir


Plh Bupati HSU Zakly Asswan

Amuntai -IPN- Menindaklanjuti instruksi Pelaksana Tugas (Plh) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan, tentang tindakan konkret dan nyata terhadap warga terdampak banjir yang terjadi di HSU.


Maka asisten 1 Bidang Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten HSU H Amberani, Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU,Dinas Sosial HSU,Dinas Ketahanan Pangan HSU, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) HSU, dan para Camat serta perwakilan TNI POLRI melaksanakan rapat koordinasi yang bertempat di tugu Itik Sabtu,19 November 2022.


Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Asisten 1 bidang kesra tersebut memaparkan kondisi dan kesiapsiagaan masing - masing instansi  terkait terhadap penanganan  banjir berupa evakuasi,tempat evakuasi,pemberian bantuan baik berupa sembako dan pelayanan kesehatan dan langkah langkah pasca banjir seperti pekerjaan fisik berupa perbaikan terhadap  fasilitas umum yang rusak akibat banjir.


//foto kegiatan rapat dan pemantauan banjir











Plt) Kepala BPBD HSU Sugeng Riyadi di awal pemaparan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif masyarakat,pihak Kepolisian,TNI serta instansi terkait yang telah bersedia dan siap siaga bersama BPBD dalam kegiatan penanganan banjir di HSU saat ini.


"Kami menerima laporan dari pihak masyarakat,TNI POLRI,Kecamatan,SKPD terkait   kondisi banjir ini , dan kami ucapkan terima kasih atas  kerjasamanya, saat ini memang ada beberapa rumah warga, fasilitas umum berupa jalan,tempat ibadah,fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya yang tergenang air,namun dampak dari itu masih dalam kategori aman dibandingkan dari kondisi banjir pada tahun - tahun kemarin dan kita tidak menginginkan hal itu terjadi," ucap Sugeng.


Sugeng menambahkan bahwa dengan kegiatan rapat koordinasi ini nantinya akan memudahkan bagi kita untuk melakukan langkah - langkah yang konkret dan nyata dalam penanganan banjir ini.


"Nantinya setelah koordinasi ini kita akan langsung ke lokasi untuk memonitor dan mengiventarisir kondisi banjir agar kita dapat menentukan langkah - langkah apa yang harus dilakukan apakah perlu evakuasi,memberikan bantuan sembako atau  lainnya sehingga apa yang diinstruksikan Pimpinan dapat kita wujudkan,"tambahnya.


Sementara itu instansi terkait seperti dinas PUPR HSU dalam penanganan banjir ini terus melakukan pengawasan terhadap fasilitas -fasilitas umum yang berpotensi besar terdampak banjir di antaranya jembatan,jalan dan fasilitas lainnya.


Sebelumnya, upaya untuk penanganan siaga banjir di HSU ini telah dilakukan dengan memberikan Edukasi penanganan bencana melalui  banner,baliho,media sosial,tv lokal dan videotron yang bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Komunikasi dan Persandian  (Diskominfosandi ) HSU.

Selain itu juga dilakukan upaya penangan bencana dengan menyiapkan personil PUSDALOPS PB BPBD dan relawan PB, juga melakukan upaya pemantauan debit air di HSU dan Tabalong serta Balangan,dan upaya terakhir yang telah dilakukan adalah pengumpulan informasi banjir.



Sumber: Diskominfosandi HSU untuk Info Publik News

Uploder: Tim



Comments


EmoticonEmoticon