Antisipasi Banjir TR Bomba HSU Dirikan Posko Bantuan dan Evakuasi - INFO PUBLIK NEWS

Friday, November 18, 2022

Antisipasi Banjir TR Bomba HSU Dirikan Posko Bantuan dan Evakuasi


Pendirian posko di Terminal AKAD Palampitan Kota Amuntai


Amuntai -IPN- Tim Rescue (TR) Bomba dan Penyelamatan Amuntai mulai mendirikan tenda sebagai posko untuk bantuan komunikasi dan evakuasi korban banjir di Hulu Sungai Utara (HSU).


Posko tersebut berlokasi tidak jauh dari jantung kota Amuntai, yakni di Terminal Palampitan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten HSU, Kalimantan Selatan (Kalsel).


Ketua Rescue Bomba dan Penyelamatan Amuntai Juniansyah mengatakan posko tersebut akan dijaga oleh relawan dari Bomba dan APS Amuntai.


Namun jika ada relawan yang ingin berprtisipasi membantu dipersilahkan bergabung dengan tim di posko ini.


"Kita gawi sabumi saja, bagi yang ingin gabung silahkan," ujar Juniansyah, Jum'at (18/11) tadi.


Ia mengungkapkan didirikannya posko ini sebagai bentuk kesiapsiagaan Rescue Bomba dan Penyelamatan Amuntai terutama dalam menghadapi bencana banjir sehingga dapat meminimalisir terjadi korban jiwa.


"Kalau ada perlengkapan ya kita pakai. Lebih baik siap duluan daripada kejadian baru disiapkan," katanya sambil duduk sedikit tersenyum.


Adapun fasilitas yang digunakan para relawan di posko diantaranya perangkat radio HT, dan perangkat elektronik lainnya agar memudahkan komunikasi apabila dimintai bantuan. Sedangkan armada untuk melakukan evakuasi diantaranya, speed, mobil ambulan dan motor trail.


Selain itu, untuk tim yang tergabung di posko tentunya juga akan melakukan pemantauan terkini kondisi air, baik itu sungai Balangan, Tabalong dan di pemukiman di desa-desa.


Purnawirawan TNI ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada Bomba selama berkiprah dibidang kemanusiaan.


 "Kepada PT Adaro saya ucapkan terimakasih atas Support semala ini." Katanya.


Diketahui berdirinya posko Rescue Bomba dan Penyelamatan Amuntai mendapat sambutan baik dari Kodim 1001/HSU-BLG. 


Sumber: IPN 

Penulis: Awi

Uploder: Tim


Comments


EmoticonEmoticon